Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SD 060827 Medan pada materi bangun ruang

Authors

  • Sarah Putri Amelia Universitas muslim nusantara al washliyah
  • Putri Andika Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Amelia Jahma Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Dea Jufani Sinaga Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Linda Febriani Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Ramadhani Ramadhani Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v8i1.26633

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep adalah sebuah kompetensi dimana harus dikuasai siswa kelas IV SD dalam mata pelajaran matematika dengan baik. Tujuan dalam penelitian ini agar dapat mengetahui  kemampuan pemahaman pada siswa kelas IV.

 Siswa cenderung sulit memahami materi bangun ruang karena kurangnya kemampuan siswa belajar aktif disebabkan guru masih kurang efektif dalam menggunakan model pembelajaran. Model pembelajaran digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, hal ini supaya peneliti dapat menjelaskan dan memperbaiki kualitas pembelajaran khususnya pada kemampuan pemahaman konsep materi bangun ruang.

 Berdasarkan penelitian diperoleh hasil skenario pembelajaran kemampuan pemahaman konsep pada siswa SD kelas IV melalui peningkatan persentase ketuntasan siswa yang signifikan dari jumlah hasil  62% golongan kurang baik menjadi 82% pada hasil  golongan sangat baik.

 Respon guru menyatakan peneliti sangat baik dalam mengajar kemampuan pemahaman melalui model soal cerita. Respon siswa menyatakan sangat menyenangkan karena siswa mampu mempelajari bangun ruang berdasarkan kejadian yang telah dihadapi siswa pada kehidupannya. Kesulitan siswa SD kelas IV dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam kemampuan pemahaman konsep terdapat pada indikator pemahaman konsep dalam pemahaman konsep bangun ruang balok.

 

Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Bangun Ruang, Matematika.

 

Downloads

Published

2025-01-02

Issue

Section

Articles