Pengaruh media smart box berbasis digital terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar pada mata pelajaran pendidikan pancasila

Authors

  • Aura Sukmawati Universitas Muhammadiyah Kudus
  • Dhina Cahya Rohim Universitas Muhammadiyah Kudus
  • Moh. Aris Prasetiyanto Universitas Muria Kudus
  • Septina Rahmawati Universitas Muria Kudus
  • Manggalastawa Manggalastawa Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v8i1.26660

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Smart Box berbasis digital terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas III, penelitian dilakukan di SDN 3 Blimbing Kidul. Hasil belajar pendidikan pancasila peserta didik kelas III masih tergolong rendah, yang sudah mencapai KKTP ada 9 peserta didik atau 25%, sedangkan peserta didik yang belum mencapai KKTP ada 26 peserta didik atau 75%. Selain itu penggunaan media pembelajaran yang masih konvensional. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah metode kuantitatif dalam bentuk Pre- Experimen Design. Desain yang digunakan dalam penelitian ini One- Group pretest-posttest design, dalam penelitian ini terdapat satu kelompok eksperimen. Berdasarkan analisis data dengan menguji normalitas, serta hasil Post-test di kelas eksperimen mencapai 0.198, dilanjutkan dengan uji t yang menunjukan nilai sig sebesar 0.000, yang lebih kecil dari 0.05. Temuan ini menegaskan bahwa penggunaan media smart box berbasis digital secara signifikan mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila di kelas III. Media smart box berbasis digital memberikan efek yang baik dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan pancasila di kelas III dibandingkan dengan pembelajaran konvesional.

 


Kata Kunci: Media Smart Box Berbasis Digital, Pendidikan Pancasila, Hasil Belajar.

Downloads

Published

2025-01-02

Issue

Section

Articles