Strategi guru dalam mengatasi tantangan manajemen kelas di sekolah dasar

Authors

  • Farid Luqman Hakim Universitas Islam Lampung
  • Yusbowo Universitas Islam Lampung
  • Siti Patimah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Arinda Firdianti Universitas Islam Lampung
  • Laila Farah Dilla Universitas Islam Lampung
  • Nova Triana Universitas Islam Lampung

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v8i2.26758

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan dan strategi yang diterapkan oleh guru dalam manajemen kelas di SDN 2 Braja Indah. Tantangan utama yang dihadapi meliputi keragaman kemampuan siswa, gangguan perilaku, kurangnya motivasi siswa, kesulitan dalam memahami materi, serta pengelolaan kelas dengan jumlah siswa yang banyak. Untuk mengatasi tantangan tersebut, guru menerapkan berbagai strategi, antara lain diferensiasi pembelajaran, disiplin positif, penghargaan verbal, penggunaan media visual, diskusi kelompok, dan pengelompokan siswa dalam kelompok kecil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi-strategi tersebut terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif, meningkatkan keterlibatan siswa, serta membantu siswa dalam memahami materi yang kompleks. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pendekatan yang fleksibel, adaptif, dan berbasis kebutuhan individual siswa dapat mengoptimalkan proses pembelajaran di kelas.

Downloads

Published

2025-03-31

Issue

Section

Articles