Pengaruh penggunaan model pembelajaran PjBL dengan bantuan media pembelajaran zep quis terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa sekolah dasar kelas tinggi
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v8i4.27713Abstract
Penelitian ini menelaah pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang didukung media interaktif Zep Quis terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa sekolah dasar kelas tinggi. PjBL mendorong keterlibatan aktif siswa melewati proyek yang relevan dengan keseharian, sementara Zep Quis memfasilitasi interaksi dan kolaborasi dalam proses pembelajaran. Metode penelitian memakai metode pendekatan kualitatif kajian literatur dengan menganalisis jurnal-jurnal yang terindeks di Google Scholar yang bertujuan untuk mendapatkan data, informasi mengenai topik yang dikaji. Hasil informasi yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan yang begitu signifikan pada kedua aspek tersebut, menandakan efektivitas kombinasi PjBL dan Zep Quis dalam menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan menarik. Faktor keberhasilan meliputi motivasi siswa, dukungan guru, dan ketersediaan sumber belajar. Hal ini bisa berpartisipasi penting teruntuk mengembangkan metode pembelajaran khususnya di sekolah dasar dan merekomendasikan integrasi teknologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan demikian, penerapan model PjBL berbantuan media Zep Quis dapat menjadi alternatif efektif teruntuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta kreatif siswa juga meningkatkan motivasi dan keterlibatan dalam proses pembelajaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Apit Rusmana, Raisya Ayu Maulidya, Muhammad Raihan Awalludin, Dety Mulyanty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.