MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA SD MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK

Authors

  • Tjahjeni Herlina IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v2i2.3138

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematik siswa SD. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa SD yang pembelajarannya menggunakan metode diskusi kelompok lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok dan pengambilan sampel dilakukan secara tidak acak kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di satu SDN 082 Muararajeun, SD dipilih secara purposive sampling. Subjek sempel adalah siswa dari 2 kelas IV yang karakteristiknya memiliki kemampuan pemahaman matematik siswa SD yang rendah. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes  dan analisis data dilakukan secara kuantitatif terhadap kemampuan pemahaman matematik. Instrumen yang digunakan sebanyak 4 soal tes kemampuan pemahaman matematik tentang pecahan. Dalam perhitungan ujicoba instrumen dan pengolahan data menggunakan program Microsoft Excel 2010 dan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematik yang pembelajarannya menggunakan metode diskusi kelompok lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa. 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematik siswa SD. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa SD yang pembelajarannya menggunakan metode diskusi kelompok lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok dan pengambilan sampel dilakukan secara tidak acak kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di satu SDN 082 Muararajeun, SD dipilih secara purposive sampling. Subjek sempel adalah siswa dari 2 kelas IV yang karakteristiknya memiliki kemampuan pemahaman matematik siswa SD yang rendah. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes  dan analisis data dilakukan secara kuantitatif terhadap kemampuan pemahaman matematik. Instrumen yang digunakan sebanyak 4 soal tes kemampuan pemahaman matematik tentang pecahan. Dalam perhitungan ujicoba instrumen dan pengolahan data menggunakan program Microsoft Excel 2010 dan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematik yang pembelajarannya menggunakan metode diskusi kelompok lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa. 

Downloads

Published

2019-08-13

Issue

Section

Articles