MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Atik Mulyati IKIP Siliwangi
  • Deri Fadly Pratama IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v2i6.3388

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui penerapan metode Cooperative Script pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II SDN Baros Mandiri 2 , (2) Mengetahui metode Cooperative Sript  dapat meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia.Penelitian yang dilakukan yaitu Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Resarch) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data diperoleh melalui partisipasi siswa yang diambil dari lembar observasi yang dilakukan sebelum dilakukan tindakan dan setiap akhir siklus. Indicator keberhasilan dalam penelitian ini dengan dibandingkan hasil yang diperoleh pada prasiklus, siklus I dan siklus II dari segi peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi dongeng yang berkaitan dengan kehidupan social di SDN Baros Mandiri 2, terlihat sebelum menggunakan metode Cooperative Script prasiklus dari 10 siswa  terobsesi mempunyai kategori tinggi 1 siswa, kategori sedang 3 siswa, kategori rendah 6 siswa. Setelah menggunakan menggunakan Metode Cooperative Skript siklus I siswa yang mempunyai kategori tinggi 2 siswa, kategori sedang 6 siswa rendah 2siswa. Adapun rata-rata motivasi belajar siswa di kelas Prasiklus sebesar 1,73. Setelah dilakukan tindakan ke-2 atau siklus II menjadi 1,95. Angka tersebut menunjukan terjadinya peningkatan rata-rata motivasi belajar siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan atau prasiklus II sebesar 0,22

 

References

Arikunto, Suharsimi.2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Jakarta : Rineka Cipta.

Haisyam Zaini, dkk.2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Pustaka Insani Madani.

Herlianti, Heni Dwi.2009. Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui pendekatan kooperatif tipe NHT (Skipsi) Surakarta : FKIP UMS (tidak diterbitkan )

M.Sobri Sutikno .2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Prospect.

Masnur Muslich. 2009. Melaksanakan PTK ( penelitian Tindakan Kelas) itu mudah .Jakara : PT Bumi Aksara.

Nana Sudjana .2008. Dasar-dasar proses Belajar mengajar. Bandung : PT Sinar Baru Algensindo.

Trianto.2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, progesif, konsep landasan dan implementasinya pada kurikulum satuan pendidkan (KTSP) .Jakarta : Prenada Media Guru .

UU RI No.20 Tahun 2003. Tentang Sidiknas . Bandung : Citra Umbara

Wiriatmaja, Rochiati.2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT Remaja Rosdyakarya

Woodworth.1999.Psikologi Suatu Pengantar ke dalam Ilmu Jawa Jilid III . Jakarta : CV, Jemmers.

Downloads

Published

2019-11-22

Issue

Section

Articles