Reinterpretasi Tri Pusat Pendidikan

Authors

  • Rachmalia Fitriani Saleh

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v3i2.3655

Keywords:

Pendidikan Anak Sekolah Dasar, Pendidikan Keluarga, Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menelaah konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam membangun dan menciptakan pendidikan anak jenjang sekolah dasar yang benar dan tepat sehingga mampu menciptakan generasi penerus bangsa yang berkarakter. 

Keluarga merupakan subjek pendidikan yang paling berpengaruh dalam pendidikan awal seorang anak, namun demikian banyak orangtua yang tidak memahami hakikat dari anak itu sendiri. Sehingga banyak orangtua yang mempercayakan pendidikan awal kepada lembaga pendidikan formal maupun nonformal. 

Konsep dasar pendidikan anak merupakan hal yang sangat mendasar bagi pendidik dan tenaga pendidik, maka dari itu perlu pemahaman dalam mendidik anak di jenjang sekolah dasar, agar tidak terjadi kekeliruan dalam mendidik. Pendidikan anak di jenjang sekolah dasar harus mampu membangun manusia yang mempunyai kesadaran, pengetahuan, dan kemampuan secara maksimum, untuk membentuk anak yang dapat hidup mandiri dan dapat hidup bersama dalam kelompok dalam kehidupan yang lebih baik, yang tertera dalam tujuan pendidikan nasional, namun pada kenyataannya proses pendidikan anak sekolah dasar banyak kesalahan-kesalahan dalam praktik pendidikan. 

Downloads

Published

2020-03-31

Issue

Section

Articles