PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK MENGGUNAKAN HAWGENT DYNAMIC MATHEMATICS SOFTWARE
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v3i3.4088Abstract
Abstrak
Pada abad ke 21 kegiatan belajar mengajar menjadi tantangan baru pada dunia pendidikan matematika dengan tidak lagi hanya dengan mengingat rumus tetapi dengan menanamkan konsep awal kepada siswa serta meningkatkan daya tarik pelajaran matematika dengan cara mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi. TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) adalah suatu kerangka berpikir untuk mengintegrasikan teknologi yang sesuai dengan pedagogik untuk menjelaskan suatu konten. TPACK dapat menjadi dasar pengembangan media pembelajaran yang efektif untuk mengajar suatu materi serta dapat membuat siswa lebih aktif dalam mengikuti pelajaran matematika di kelas. Pada penelitian ini, peneliti akan mengembangkan media pembelajaran berbasis TPACK menggunakan hawgent dynamic mathematics software pada materi segitiga. Model pada penelitian ini menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan hawgent dynamic mathematics software telah lulus validasi dan dapat diimplementasikan kepada siswa. Hawgent dynamic mathematics software juga mendapatkan respon yang positif dari siswa Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Hawgent Dynamic Mathematics Software, TPACK, Segitiga
References
Abadi, M. K., Asih, E. C. M., & Jupri, A. (2018). The Development of Interactive Mathematics Learning Material Based on Local Wisdom with .swf Format. Journal of Physics: Conference Series, 1013(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012131
Andini, D., Mulyani, N., Wijaya, T., & Supriyati, D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self Confidence Siswa Menggunakan Pendekatan PBL Berbantuan Geogebra. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 82–93.
Badraeni, N., Pamungkas, R. A., Hidayat, W., Rohaeti, E. E., Wijaya, T. T., Sudirman, J. J., & Barat, J. (2020). Analisis kesulitan siswa berdasarkan kemampuan pemahaman matematik dalam mengerjakan soal pada materi bangun ruang sisi datar. 04(01), 247–253.
Baharuddin, B. (2018). ADDIE Model Application Promoting Interactive Multimedia. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 306(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/306/1/012020
Cunhua, L., Ying, Z., Qunzhuang, O., & Wijaya, T. T. (2019). MATHEMATICS COURSE DESIGN BASED ON SIX QUESTIONS COGNITIVE THEORY USING HAWGENT DYNAMIC MATHEMATIC. Journal On Education, 02(01), 36–44.
Dewi, S. N., Wijaya, T. T., Budianti, A., & Rohaeti, E. E. (2018). Pengaruh Model Teams Games Tournament Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Kelas XI SMK di Kota Cimahi Pada Materi Fungsi Eksponen. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 99. https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2570
Dini, M., Wijaya, T. T., & Sugandi, A. I. (2018). Pengaruh Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Smp. Jurnal Silogisme, 3(1), 1–7.
Hernawati, K., & Jailani. (2019). Mathematics mobile learning with TPACK framework. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022126
Huang, Z. (2018). Theoretical analysis of TPACK knowledge structure of mathematics teachers based on T-TPACK mode. Kuram ve Uygulamada Egitim Bilimleri, 18(5), 2044–2053. https://doi.org/10.12738/estp.2018.5.103
Ilmi, A. M., Sukarmin, & Sunarno, W. (2020). Development of TPACK based-physics learning media to improve HOTS and scientific attitude. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012049
Kulsum, S. I., Hidayat, W., Wijaya, T. T., & Kumala, J. (2019). ANALYSIS ON HIGH SCHOOL STUDENTS ’ MATHEMATICAL. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 03(02), 431–436. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2
Listiawan, T., Purwanto, P., As’Ari, A. R., & Muksar, M. (2018). Mathematics Teachers Technological Content Knowledge (TCK) in using Dynamic Geometry Software. Journal of Physics: Conference Series, 1114(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1114/1/012121
Purwaningsih, E., Nurhadi, D., & Masjkur, K. (2019). TPACK development of prospective physics teachers to ease the achievement of learning objectives: A case study at the State University of Malang, Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1185(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012042
Pusparini, F., Riandi, R., & Sriyati, S. (2017). Developing Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) in Animal Physiology. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012059
Rohaeti, E. E., & Bernard, M. (2018). the Students’ Mathematical Understanding Ability Through Scientific-Assisted Approach of Geogebra Software. Infinity Journal, 7(2), 165. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i2.p165-172
Sukaesih, S., Ridlo, S., & Saptono, S. (2019). Development of biology teaching management textbooks based on competency and conservation to maximize Pedagogical and Content Knowledge (PCK) the prospective teachers. Journal of Physics: Conference Series, 1321(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032114
Utami, P., Pahlevi, F. R., Santoso, D., Fajaryati, N., Destiana, B., & Ismail, M. E. (2019). Android-based applications on teaching skills based on TPACK analysis. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 535(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/535/1/012009
Wati, S., Fitriana, L., & Mardiyana, M. (2018). Technological pedagogical content knowledge of junior high school mathematics teachers in teaching linear equation. Journal of Physics: Conference Series, 1008(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1008/1/012067
Widowati, A. (2019). The Innovative Framework for Developing Science Teacher Education: NOS Within TPACK. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012091
Widyastuti, E., & Susiana. (2019). Using the ADDIE model to develop learning material for actuarial mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012052
Wijaya, T. T., & Afrilianto, M. (2018). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(1), 21–28. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.219-228
Wijaya, T. T., Dewi, N. S. S., Fauziah, I. R., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi Bangun Ruang. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 19–28. https://doi.org/10.30738/.v6i1.2076
Wijaya, T. T., Ying, Z., & Purnama, A. (2020). THE EMPIRICAL RESEARCH OF HAWGENT DYNAMIC MATHEMATICS TECHNOLOGY INTEGRATED INTO TEACHING. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 144–150.
Yi, L., Ying, Z., & Wijaya, T. T. (2019). THE TREND OF MATHEMATICS TEACHING METHOD HAS. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 03(02), 471–480. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2
Zainuddin, Hasanah, A. R., Salam, M. A., Misbah, & Mahtari, S. (2019). Developing the interactive multimedia in physics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1171(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1171/1/012019
Zuyyina, H., Wijaya, T. T., & Senjawati, E. (2018). KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI LINGKARAN. SOSIOHUMANIORA, 4(2), 79–90.