ANALISIS KEKELIRUAN MENULIS TEKS PANTUN PADA SISWA SD KELAS V

Authors

  • Shely Melinda Pratiwi IKIP Siliwangi
  • Wahyu Hidayat IKIP Siliwangi
  • Muhammad Rizal Fauzi IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v3i5.4564

Keywords:

Kekeliruan, Teks Pantun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kekeliruan yang dialami siswa serta menelaah faktor-faktor penyebab kekeliruan siswa dalam mengerjakan soal pada materi menulis teks pantun. Metode  yang diaplikasikan pada penelitian ini yakni deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertempat di SDN 1 Cipatat kelas V Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas V SD/MI sederajat di Kabupaten Bandung Barat yang sudah mempelajari materi menulis teks pantun. Subjek penelitian merupakan seluruh siswa kelas V di SDN 1 Cipatat. Teknik pengumpulan data dengan mengaplikasikan metode penelitian dan wawancara. Langkah-langkah analisis mencangkup reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dalam mengerakan soal menulis teks pantun terdapat kekeliruan diantaranya : (1) kekeliruan pemahaman diksi, (2) kekeliruan terhadap struktur teks (rima), dan (3) kurangnya imaji. Faktor penyebabnya adalah siswa kurang memahami kaidah struktrur pembuatan pantun dan  kurangnya imaji siswa dalam mencari kata-kata yang inovatif untuk membuat pantunnya menjadi lebih menarik.

Author Biography

Shely Melinda Pratiwi, IKIP Siliwangi

IKIP siliwangi

References

Abidin, Yunus. (2009). Guru dan Pembelajaran Bermutu. Bandung: Rizki Press.

Khoirunnisa.R.(2017). Teks Pantun. Tersedia. [Online]: https://referensisiswa.blogspot.com/2017/01/teks-pantun-pengertian-struktur-isi.html. Diunduh Pada Tanggal 05 Mei 2020.

Kosasih, (2012) . Tersedia. [Online] https://core.ac.uk/download/pdf/35339129.pdf. Diunduh Pada Tanggal 16 Mei 2020.

Machmudah&Rosyidi. (2008). Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang Press.

Nurhadi&Senduk, A.G. (2004). Pembelajaran Konstektual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Pranowo, (1996). Analisis Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan.(1988). .Tersedia. [Online]: http://repository.upi.edu/15757/3/S_JEP_090662_Chapter2.pdf. Diunduh Pada Tanggal 05 Mei 2020.

Tarminto. (2014). Kumpulan Pantun Puisi dan Kata-Kata Mutiara. Surabaya: AS Agency.

Wahidmurni. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: UM Press.

Zaidan, dkk. (1996).Mempelajari Mantra. Tersedia. [Online] : https://www.dkampus.com/2017/01/mempelajari-mantra-dari-para-ahli/. Diunduh Pada Tanggal 05 Mei 2020.

Downloads

Published

2020-09-30

Issue

Section

Articles