PEMBELAJARAN PEMAHAMAN KONSEP BERHITUNG PADA MATERI PENJUMLAHAN SISWA KELAS 1 SD DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)

Authors

  • Helma Ningrum
  • Hana Sakura Putuarga IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v3i5.4602

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep berhitung penjumlahan matematika kelas I dengan menggunakan pendekatan RME. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pretest – posttest. Tujuan utama pembelajaran matematika di SD adalah agar siswa memiliki kamampuan menjumlahkan secara sederhana dan nyata bagi siswa kelas rendah. Instrument yang digunakan adalah lembar kerja siswa dan angket minat belajar. Tujuan utama pembelajaran matematika di SD adalah agar siswa memiliki kemampuan menjumlahkan secara sederhana dan nyata bagi siswa SD. Selain itu pula diharapkan siswa memiliki pemahaman yang nantinya dapat dijadikan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari tentang hubungan bagian-bagian matematika, seperti kamapuan menganalisa dan menarik kesimpulan, serta memiliki sikap berfikir logis, kritis dan sistematis melalui pendekatan RME. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan RME efektif terhadap pemahaman dan minat pada materi penjumlahan.

Kata Kunci: Pemahaman konsep berhitung, penjumlahan, Realistic Mathematics Educations (RME)

Downloads

Published

2020-09-30

Issue

Section

Articles