PEMBELAJARAN MEMBACA MATERI MENEMUKAN GAGASAN POKOK PADA KELAS V SD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING

Eva Novayanti, Ruli Setiyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran membaca materi menemukan gagasan pokok dalam paragraf pada kelas V dengan menggunakan model Discovery Learning. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui cara membedakan atara gagasan pokok dengan kalimat penjelas dalam paragraf dikelas V 2) Mendeskripsikan respon guru dan respon siswa kelas V terhadap pembelajaran menemukan gagasan pokok dengan model Discovery Learning 3) Mendeskripsikan kesulitan yang dialami oleh siswa dalam mempelajari gagasan pokok dalam paragraf dikelas V. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptive kualitatif. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan dengan menggunakan instrument yaitu lembar observasi dalam bentuk wawancara,lembar kerja siswa dan tes hasil belajar siswa. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Spss 18. Dari hasil penelitian selama enam kali pertemuan dengan menggunakan model Discovery Learning bahwa hasil pembelajaran Bahasa Indonesia dalam materi menemukan gagasan pokok berhasil meningkatkan siswa lebih aktif dalam waktu pembelajaram. Populasi penelitian berjumlah 30 siswa. Siswa yang tidak tuntas berjumlah enam siswa atau 20% dan yang tuntas 24 siswa atau 80%. Sehingga disimpilkan bahwa siswa SD Plus darussurur mampu atau tuntas dalam pembelajaran membaca materi menemukan gagasan pokok dalam paragraf pada kelas V SD mengunakan model Discovery Learning.

Full Text:

PDF

References


Ade Hendrayani. (2018). Peningkatan Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Rendah Melalui Penggunaan Reading Corner. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 235–248.

Akhmad, K. A., & Duta. (2015). Pemanfataan Media Sosial Bagi Pengembangan UMKN(Study Deskriptif Kualitatif pada Distro Dikotan Surakarta). 9(September), 43–54.

Elda Melisa, Y. R. (2019). PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 PADANG. 85–91.

Hidayanti, N. (2016). Pembelajaran Discovery disertai penulisan jurnal belajar untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah siswa kelas VIII.I Smp Negeri I Probolinggo. 1(2), 52–61.

I Made Putrayasa, H. Syahruddin, I. G. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa.

Iswara, P. D. (2016). Pengembangan Materi Ajar Dan Evaluasi Pada Keterampilan Mendengarkan Dan Membaca. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 89–97. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2359

Literasi, P., Awal, K., Sumber, B., & Lptk, D. (2014). USAID, Pembelajaran Literasi Kelas Awal di LPTK , (Buku Sumber untuk Dosen LPTK, 2014), 133. 1 1.

Resti, A. (2012). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Anak Tunarungu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(2), 347. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/861/718

Ruli Setiyadi1, Y. I. (2017). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa sekolah Dasar Dengan Menggunakan Metode Hands on Activity. 3(2).

Suriaman. (2014). 10 Teknik Membaca dalam Hati, Gagasan Pokok, Karangan Narasi Suriaman. 5(November), 10–19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats