PEMBELAJARAN MENULIS SURAT PADA SISWA SD KELAS III MENGGUNAKAN METODE KONTEKSTUAL

Authors

  • Nuni Puji Lestari IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i1.4912

Keywords:

Pembelajaran menulis surat, kontekstual

Abstract

Penelitian  ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis surat. Dimana kemampuan menyampaikan isi pesan menjadi hal yang sulit karena membutuhkan kecakapan dalam menceritakan berbagai ide baik berupa gagasan dan perasaan seseorang kedalam media tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah skenario dan implementasi, respon guru dan siswa, serta kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan tugas.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 28 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan pada pembelajaran menulis surat  pada siswa kelas III SD setelah diterapkannya metode kontekstual.

References

Lestari, S., Oktaviani, S., & Permana, I. (2018). Pengaruh Campur Kode Dalam Bahasa Indonesia. Parole, 1, 349–356.

Puspitasari, P., & Supriatna, E. (2016). P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP SiliwangiMODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS PENGALAMAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA KELAS X SMA NEGERI 20 BANDUNG. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 3(1).

SRIYANTI. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT PRIBADI DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOLABORASI ( Penelitian Tindakan Kelas VII MTsN 15 Ciamis ) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. J u r n a l D i k s a t r a s i A, 1(20), 157.

Downloads

Published

2021-02-02

Issue

Section

Articles