PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI WAKTU DI KELAS II SD DALAM MASA PANDEMIC COVID-19

Dian Rostiawati, Galih Dani Septiyan Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah siswa bisa memahami pembelajaran matematika yang diberikan oleh guru dengan metode pembelajaran online. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang diteliti ada 12 orang siswa kelas II SD. Alur penelitian yang dilaksanakan adalah mewawancarai guru, dan juga mewawancarai siswa. 4 orang siswa kemampuan baik, 4 orang siswa kemampuan sedang, dan 4 orang siswa kemampuan rendah. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa 8 siswa (67%) mendapatkan nilai yang tinggi dan 4 siswa (33%) mendapatkan nilai sedang. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa siswa dapat memahami pembelajaran yang diberikan oleh guru dengan metode pembelajaran online.


Keywords


Pembelajaran Online, Matematika.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2002). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ardiansyah, I. (2013). Eksplorasi Pola Komunikasi dalam Diskusi Menggunakan Moddle pada Perkuliahan Simulasi Pembelajaran Kimia. skripsi Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Hafizah, R. (2014). Hakikat dan Karakteristik Matematika. [Online]. Tersedia: http://rajahafizah.blogspot.com/2014/04/hakikat-dan-karakteristik-matematika.html. Diunduh pada Tanggal 16 Juli 2020.

Hartley, D. E., (2001). Selling E-Learning, American Society for Training and Development, [e-book]. Available at: [Accessed 29 June 2020].

Kamarga, H. (2002). Belajar Sejarah Melalui E-learning. Jakarta : PT. Intimedia.

L. Tjokro, S. (2009). Presentasi yang Mencekam. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Mukhtar. (2013). Metode Penelitian Deskriftif Kualitatif. Jakarta : GP Press Group.

Nursalam&Efendi, F. (2008). Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Suherman, E, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suwangsih, E&Tiurlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. UPI Press. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats