PEMBELAJARAN MENCERMATI ISI TEKS INFORMASI MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS III

Ningrum Julaeha, Deden Herdiana Altaftazani

Abstract


Latar Belakang dari permasalahan penelitian ini adalah mendapatkan hasil dari observasi di lapangan yang dilaksanakan di Sd Plus Darussurur Cimahi. Dimana keseluruhan proses pembelajaran masih dilakukan dengan metode yang klasik, guru masih mengajar dengan metode ceramah ataupun selalu terpaku pada sumber ajar yang tidak lain berupa buku sehingga peserta didik merasa bosan, kurang minat, tidak termotivasi dalam kegiatan belajar mengajar yang dilakukan dan hasil yang ingin dicapaipun tidak maksimal. Metode yang dilakukan dalam permasalahan penelitian ini adalah Project Based Learning, khususnya dalam Pembelajaran Mencermati Isi Teks Informasi. Nilai yang dihasilkan dari penelitian ini yaitu dengan cara melakukan observasi, wawancara dan tes. Untuk tes dilakukan dua tahap, tahap pertama tes yang dilaksanakan sebelum memakai Metode Project Based Learning (Pre-test) dan tahap kedua tes yang dilakukan setelah memakai Metode Project Based Learning (Post-test). Adapun hasil dari tes sebelum memakai Metode Project Based Learning yaitu adanya sebanyak 10 peserta didik dari 30 peserta didik dimana nilai mereka masih di bawah rata-rata nilai yang diinginkan sehingga di akumulasikan 34% peserta didik yang tidak tuntas dan 66% peserta didik yang sudah tuntas. Kemudian tes tahap kedua, dimana dapat diketahui setelah pembelajaran menggunakan Metode Project Based Learning nilai yang didapatkan peserta didik meningkat dan akumulasi peserta didik 33% yang belum tuntas mampu menyelesaikan tes dengan baik dengan mendapatkan nilai baik, artiya jika diakumulasikan 100% peserta didik berhasil menjalankan tes dengan baik.

Full Text:

PDF

References


Akhmad, K. A., & Duta. (2015). Pemanfataan Media Sosial Bagi Pengembangan UMKN(Study Deskriptif Kualitatif pada Distro Dikotan Surakarta). 9(September), 43–54.

Dedih, U. (2016). Model – Model Pembelajaran (C. I. Mandiri., ed.). Bandung.

Hizati, A. & Arief, E. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learningn Berbantuan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Berseri TerHadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP KELAS VIII SMP Negeri 12 Padang. 1, 183–190.

Komalasari, K. (2015). Pembelajaran Konstekstual: Konsep dan Aplikasi (P. Refika dan Adiatama, eds.). Bandung.

Lusi Wahyu Apriyanu. (2014). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika dengan Pokok Bahasan Kesebangunan dan Simetri dan Bangun Datar Melalui Metode Project Based Learning Di Kelas V SDN Wringin Anom. (PGSD FKIP Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, e.

Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kulaitatif. (PT. Gramedia Widiasarana Indonesia., ed.). Jakarta.

Winataputra, U. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran (Universitas Terbuka, ed.). Jakarta.

Sagala, S. (2016). Konsep dan Makna Pembelajaran (Alvabeta, ed.). Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats