PEMBELAJARAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS V SD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING)

Julianti Mayasari, Sukma Murni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran pemahaman konsep matematis pada materi bangun ruang di kelas V SD dengan menggunakan model REACT. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 4 Cibodas dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang yang terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru, soal tentang pemahaman konsep matematis, lembar wawancara, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran ketika diterapkannya model REACT. Hal tersebut ditunjukan dengan persentase peningkatan dari nilai pre-test ke post-test sebesar 14,82%. Jadi, model REACT dapat memperbaiki kualitas pembelajaran pemahaman konsep matematis siswa kelas V SDN 4 Cibodas.


Keywords


Pemahaman Konsep Matematis, Model REACT.

Full Text:

PDF

References


Depdikbud. (2014). PERMENDIKBUD No.58 Th. 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Perrtama/Madrasah Tsanawiyah. [Online]. Tersedia: http://staff.unila.ac.id/ngadimunhd/files/2012/03/Permen-58-ttg-Kurikulum-SMP.doc. Diakses dari laman web tanggal 8 Juni 2020.

Hudojo. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Common Textbook. Malang: Jurusan Matematika, FMIPA.

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika 2008, Hal: 229-235.

Mukhtar. (2013). Metode Penelitian Deskriftif Kualitatif. Jakarta : GP Press Group.

Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wiriani, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP. Skripsi(S1) FKIP UNPAS. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Zarkasyi, W. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: PT. Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats