PEMBELAJARAN ONLINE MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PENGUKURAN SATUAN PANJANG DI KELAS II SD DALAM MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PMR

Laras -, Sukma Murni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran online mata pelajaran matematika pada materi pengukuran satuan panjang di kelas II SD dalam masa pandemi covid-19 dengan menggunakan model pembelajaran PMR. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 2 guru dan 24 siswa yang terbagi menjadi 4 siswa kemampuan tinggi, 4 siswa kemampuan sedang dan 4 siswa kemampuan rendah. Siswa tersebut berasal dari dua sekolah yang berbeda yang pertama dari SDN 04 Cibodas dan yang kedua dari SDIT Firdaus. Instrumen yang digunakan adalah RPP, kegiatan pembelajaran, bahan ajar berupa video, LKS, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa skenario dan implementasi yang telah dilaksanakan guru sudah sesuai kegiatan pembelajaran; kesulitan-kesulitan dan kendala-kendala yang dihadapi guru, salah satunya sulit menjelaskan materi yang akan disampaikan; kesulitan-kesulitan dan kendala-kendala yang dihadapi siswa, yaitu kurang mengerti materi yang dijelaskan oleh guru; respon guru dan siswa terhadap pembelajaran online, banyak yang harus dipersiapkan sebelum pembelajaran online; RPP, LKS yang digunakan sudah baik dan sesuai dengan kurikukum yang berlaku serta bahan ajar yang digunakanpun cukup menarik bagi siswa dan bisa dipahami; dan upaya yang dilakukan guru agar pembelajaran online berjalan lebih yaitu dengan cara membuat bahan ajar yang menyenangkan bagi siswa.


Keywords


Pembelajaran Online, Pengukuran Satuan Panjang, Model Pembelajaran PMR.

Full Text:

PDF

References


Chandrawati, S. R. (2010). Pemanfaatan Elearning dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan,

(8).

Depdiknas. (2007). Bidang Pengembangan Fisik Motorik Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Pembinaan Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar. (2007). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Pembiasaan di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Gunawan, I. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Universitas Negeri Malang.

Henderson, Allan J. (2003). The E-learning Question and Answer Book. New York: American Management Association.

Horton, W & Horton, K. (2003). E-Learning Tools and Technologies: A consumer guide for trainers, teachers, educators, and instructional designers. USA : Wiley Publishing, Inc.

Kania, N. (2008). Alat Peraga Untuk Memahami Konsep Pecahan. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics, 2 (2).

Murdani, dkk. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Penalaran Geometri Spasial Siswa di SMP Negeri Arun Lhokseumawe. Jurnal Peluang, Vol 1, 22-32.

Soedjadi. (2001). Pembelajaran Matematika Berjiwa RME. Makalah Disampaikan pada Seminar Nasional PMRI di Universitas Sanata Darma. Yogyakarta.

Sujiono, B, dkk. (2008). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wewe, M. (2016). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDK Ngedukelu Kecamatan Bajawa Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 3 (1), 23-32.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats