PEMBELAJARAN MENGENAI SISTEM PENANGGALAN KALENDER MASEHI DAN HIJRIAH UNTUK MENGUKUR HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL COOPERATIVE TIPE JIGSAW BERBANTUAN VIDEO PADA SISWA KELAS VI SD

Authors

  • Yuda Permana Ikip Siliwangi
  • Duhita Savira Wardani Ikip Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i3.5335

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran pokok dalam kurikulum pendidikan Indonesia, termasuk jenjang sekolah dasar.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui skenario dan implementasi pembelajaran mengenai sistem penanggalan kalender masehi dan hijriah untuk mengukur hasil belajar siswa dengan model Cooperative tipe jigsaw berbantuan video pada siswa kelas VI SD. Berdasarkan hasil observasi atau wawancara peneliti dengan guru Sekolah Dasar (SD) ternyata hasil belajar rata-rata siswa dalam aspek kognitif mata pelajaran IPA masih sangat kurang. Hal ini peneliti menggunakan model Cooperative tipe jigsaw berbantuan video sebagai solusi untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran mengenai sistem penanggalan kalender masehi dan hijriah untuk mengukur hasil belajar siswa menjadi lebih baik.Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode Deskriptif kualitatif, hal ini supaya peneliti dapat menjelaskan upaya yang dilakukan guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran khususnya pada materi kalender masehi dan hijriah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI di salah satu Sekolah Dasar Negeri di Kota Cimahi, Subjek Penelitian ini di kelas VI Tahun pelajaran 2019-2020 yang berjumlah 30 siswa. Terdiri dari 15 siswa Perempuan dan 15 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan pembelajaran, diperoleh hasil peningkatan nilai rata-rata hasil tes pembelajaran mengenai sistem penanggalan kalender masehi dan hijriah dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw mencapai 87,20%.Dapat disimpulkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan.

References

Abdurrahman. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alphabeta

Fathurrohman M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Mukhtar. (2018). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi

Arief S. Sadiman, dkk. (2009). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Downloads

Published

2021-05-31

Issue

Section

Articles