PEMBELAJARAN MEMBACA DONGENG SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ROLE PLAYING MELAUI MEDIA GAMBAR

Authors

  • Tika Kartika PGSD IKIP SILIWANGI
  • Muhamad Rizal Fauzi PGSD IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i3.5429

Keywords:

Membaca Dongeng, Metode Role Playing, Media Gambar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah implementasi pembelajaran membaca dongeng, respon guru dan siswa dalam pembelajaran membaca dongeng menggunakan metode role playing, melalui media gambar serta kesulitan yang dialami siswa dalam kegiatan Role playing dalam pembelajaran membaca dongeng. Pembelajaran membaca dongeng yang diterapkan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar  dengan menggunakan metode role playing  melalui media gambar memudahkan guru dalam menyampaikan materi tentang dongeng dan kesesuaian materi dengan metode yang digunakan. Siswa  dapat bermain peran sesuai dengan tema dongeng secara berkelompok, sehingga merangsang siswa untuk lebih aktif, kreatif, berani, dan kritis dalam menyampaikan pendapat yang ditampilkan setiap kelompok. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Skenario dan implementasi menunjukkan adanya temuan di lapangan yaitu metode role playing merupakan metode yang baru digunakan guru dalam pempelajaran Bahasa Indonesia tentang materi dongeng. Kesulitan yang dialami siswa dalam bermain peran yaitu pembuatan media yang cocok untuk mereka tampilkan saat bermain peran, serta kerja sama dalam kelompok sangat sulit dibangun karena kemampuan siswa berbeda satu dengan yang lainnya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa dengan metode role playing dengan media gambar sesuai dengan tema merubah cara pembelajaran membaca dongeng  siswa kelas IV khususnya pada mata pelajaran Bahasa indonesia .

 

References

As wayan i,Suryana Y. (2014). “kompetensi Pedagogikâ€,

Abidin Yunus. 2012 “Pembelajaran membaca berbasis pendidikan berkarakterâ€.

Sugiyono (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Kwalitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sohimin Aris. ( 2018) “ 68 Pembelajaran inovatif â€cetakan kedua.

Patimah,P.(2015). Efektifitas Metode Pembelajaran Dongeng dalam meningkatkan kemampuan literasi anak pada jenjang usia sekolah dasar. Al Ibtida :jurnal pendidikan guru MI,2(2) (Di unduh 23 januari 2020).

Mulyono, D. B. Model Bahan Ajar Bahasa Dan Sastra Indonesia Yang Deal dan Inovatif. Edukasi Kultura : Jurnal Bahasa Sastra dan Budaya, 1(1) (Di Unduh 23 januari 2020).

Mansyur, U. (2017) Peranan Etika Tutur Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Disekolah. (Di Unduh 23 Januari 2020)

Febriani, M.(2012) Pengembangan Bahan Ajar Apresiasi Banyumas bagi siswa SD kelas rendah. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,1(1). (Di unduh 23 Janauri 2020).

Amin, I., & Syahrul, R. (2013). Cerita Rakyat Penamaan Desa di Kerinci: Kategori dan Fungsi Sosial Teks. Bahasa, Satra, dan Pembelajaran, 1(1) (Di Unduh 24 Januari 2020).

Rosada,U. D.(2016). Memperkuat karakter anak melalui dongeng berbasis media visual. jurnal CARE (chilldren advisory researchand education), 4 (1), 42-49. (Di Unduh 24 Januari 2020)

Pratiwi, M. E(2014). Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sdn 1 Keteguhan Sawit Boyolali Tahun 2013/2014 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Suarkarta). (Di unduh 30 januari 2020)

Putra, N. A. (2011). Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas IV SDN Moahino Kabupaten morowali. Jurnal Kreatif Online, 2 (4). (Di unduh 30 januari 2020)

Sari, Y. K (2018). Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Metode Role Playing Pada Pembelajaran Ips “ Basic Education, 7 (41), 4-056. (Di unduh 5 febaruari 2020).

Mulyadi, M. (2011). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Dan Mengabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 2011,15:1128-137 (Di unduh 5 Februari 2020)

SertyosarI, H.P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Prenada Media. (Di unduh 5 ferbuari 2020)

Sudrajat, A. (2008). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, Dan Model pembelajaran. Online)(http//smacepiring.wordpress.com). (Di unduh 5 februari 2020).

Soetantyo, s. p. (2013). peranan dongeng dalam pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, 14(1), 44-51. (Di unduh tanggal 6 febaruari 2020).

Wahab, R (2014). Metodologi Penelitian kuliatatif. (Di unduh 6 februari 2020).

Rahardjo, M. (2011) Metode Pengumpulan data penelitian kualitatif. (Di unduh 6 februari 2020).

Nujannah, L., & Zayana, Z. (2019). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Aspek Perkembangan Sosial Emosional Anak. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Chilhood Education, 1 (2), 112-123. (Di unduh 10 februqri 2020).

Susanty, D. (2017). Model Pembelajaran Role Playing Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Dalam http://Samnafis. unimed Ac.id E-issn, 2017, 25495976. (Di unduh 11 febaruari 2020).

Purwanto, G. (2018) Peningkatan Keterampilan menceritakan isi dongeng dengan Menggunakan Metode Bermain Peran pada siswa kelas III SD Negeri Kintelan 1 Yoyakarta Tahun Ajaran 2016/2017.TRIHAYU: Jurnal Pendidikan ke-SD-an, 4(1). (Di unduh 1 April 2020).

Downloads

Published

2021-05-31

Issue

Section

Articles