ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN CUACA SISWA KELAS III MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Iis Sumarni, Deri Fadly Pratama

Abstract


Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan skenario dan implementasi pembelajaran, mengetahui respon guru dan siswa, serta mengetahui kesulitan-kesulitan siswa dalam mengerjakan tugas tematik yang menggunakan indikator pemahaman konsep pada materi cuaca dalam penggunaan model pembelajaran PBL. Metode penelitian yang dipakai peneliti adalah metode deskriftif kualitatif, hal ini supaya peneliti bisa menjelaskan upaya yang dilaksanakan oleh guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran khususnya materi cuaca. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III di sekolah swasta di kota Bandung, yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 11 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Penulis menggunakan observasi, angket dan tes sebagai instrument penelitian. Observasi diberikan kepada guru sebagai observer, angket diberikan kepada siswa sebagai (kelas) sebagai responden dan satu orang guru, serta tes diberikan kepada siswa sebagai subjek penelitian setelah data didapatkan dan dianalisis, dapat dikatakan bahwa penggunaan model pembelajaran yang diterapkan pada materi tersebut dapat digunakan dengan sangat baik dengan syarat pelaksanaan pembelajaran harus sesuai dengan fase model pembelajarannya. Sehingga, sangat disarankan bagi guru tematik untuk menggunakan model pembelajaran PBL dalam materi cuaca.

Full Text:

PDF

References


Bungin, B (2007) penelitian kualitatif (2nd ed). Jakarta : KENCANA

Rohaeti, E. E & Bernard M. (2019) Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Disposisi Matematik Siswa Melalui Pembelajaran Konstektual Berbantuan Game Adobe Flash CS. 4.0 (CTL - GAP).e journal. SPS. upi.edu/ index.php/ edusentris/ article/view/208/157

Pratama, F. D. (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Metode Cooperatip Script Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/3388/1423

Kusumawati, Yun., (2018), Buku tematik terpadu kurikulum 2013 tema 5 cuaca , Jakarta : kementrian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia.

Wulandari, N.S (2018). Model Problem Based Learning(PBL) dalam Melatih Scientifik Reassoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA,III,34


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats