PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ai Sopiah

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i4.5505

Keywords:

Menulis karangan, Metode CTL, Sekolah Dasar

Abstract

Pembelajaran menulis karangan pada siswa Sekolah Dasar. sebagaimana hakikat mengarang adalah segenap rangkaian kegiatan seseorang mengungkapkan gagasan atau ide yang dimiliki seseorang kemudian menyampaikannya melalui bahasa tulis kepada masyarakat pembaca untuk dipahami. Dengan menggunakan metode pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Pendekatan konstektual merupakan pendekatan yang membantu guru untuk menghubungkan antara materi yang diajarkanya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan dengan menggunakan metode CTL (Contextual Teaching And Learning) dapat mempermudah serta mengoptimalkan kompetensi siswa dalam menulis karangan sehingga siswa dapat konsisten dalam menulis karangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian yang dilakukan yakni SDN Fauzan Cianjur Kabupaten Cianjur. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SDN Fauzan Cianjur dengan jumlah keseluruhan 22 anak. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode CTL dapat meningkatkan pembelajaran menulis karangangan pada siswa kelas V di SDN Fauzan Cianjur.

References

Akhadiah Sabarti dkk (2001). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Akhadiah Sabarti, dkk. (1996). Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Akhadiah Sabarti. (1994). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Amir, M. F. (2015). Pengaruh Pembelajaran Komtekstual Terhadap Kemampuan

Bandung: Alfabeta.

Depdiknas (2004). Kerangka Dasar Kurikulum 2004, Jakarta.

Henry Guntur Tarigan. (2008). Menulis. Bandung : Angkasa.

Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.Pendidikan.Research,Revisi VI hal 134, Rineka Apta, JakartaSekolah Dasar. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar 1 (1),83-91

Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.

Rosidi Imron. (2009). Menulis Siapa Takut. Yogyakarta: Kanisius.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Triyono. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Ombak.

Zulela.M.S (2014). Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Menulis Di

Downloads

Published

2021-07-12

Issue

Section

Articles