PEMBELAJARAN IPA MATERI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA PADA SISWA SD KELAS III DENGAN MENGGUNAKAN METODE CTL

Authors

  • Endah Nurzaenah IKIP Siliwangi
  • Deri Fadly Pratama IKIP Siliwangi
  • Uus Kuswendi IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i4.5509

Abstract

Tujuan penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran siswa dalam pembelajaran Ipa dalam materi sumber energi dan kegunananya dengan metode (Contextual  Teaching  and  Learning ) CTl. Pembelajaran yang melibatkan siswa agar mendapat pengalaman secara langsung dan siswa tidak hanya menerima pembelajaran yang diberikan oleh guru, tetapi siswa mencari atau menemukan sendiri dalam pembelajaran dan siswa dapat menghubungkan materi yang dipelajari dengan kehidupan nyata. Dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa SDN Selakuning  Kelas III di salah satu SD  Negeri di Cikalongwetan jumlah siswa 25 orang. Siswa terdiri dari beberapa 13 siswa perempuan dan 12 siswa laki– laki. Intrumen dalam penelitian menggunakan tes soal dengan 10 soal pg keapsahan soal digunakan teknik validitas dan realibitas .soal intrumen  yaitu soal pretes dan pos test dan  lembar wawancara guru dan lembar  wawancara siswa. Jenis Penelitian menggunakan  deskriptif kualitatif dengan tes yang bertujuan untuk menggambarkan upaya yang dilakukan oleh guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran IPA. Pengelolaan data menggunakan Excel.

References

https://hanifmbeling.blogspot.com/2018/01/materi-ipa-kelas-iiisemester-genap.html

Inur Nurmala, Wahyu Hidayat, H. H. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Segitiga dan Segiempat pada Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2), 1015–1026. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.219-228

Mulyati, A., & Pratam, D. F. (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Metode Cooperative Script Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Journal of Elementary Education, 2(6), 231–234.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran (Ke 1). Jakarta: prenadamedia Grup.

Wibawa, U. (2017). Pembangkit Energi Baru dan Terbarukan (1st ed.). Malang: UB Press.

Downloads

Published

2021-07-12

Issue

Section

Articles