PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS NARASI SEJARAH PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY LEARNING BERDASARKAN POLA PERTANYAAN 5W+1H

Lina Susanti, Agni Muftianti

Abstract


Pembelajaran keterampilan membaca pemahaman merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai  oleh siswa kelas V SD dengan baik.Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah skenario dan implementasi terhadap pembelajaran keterampilan membaca pemahaman teks narasi dengan menggunakan model inquiry learning berdasarkan pola pertanyaan 5W+1H. Dari hasil observasi, siswa terlihat masih ada kesulitan dalam memahami isi bacaan,dampaknya hasil yang  mereka peroleh masih rendah.Untuk mengatasi permasalahan tersebut,peneliti menggunakan model inquiry learning berdasarkan pola pertanyaan 5 W+1H untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif,peneliti ingin menggambarkan mengenai pembelajaran keterampilan membaca pemahaman teks narasi sejarah terhadap kelas V SD  dengan menggunakan model inquiry learning berdasarkan pola pertanyaan 5 W+1H. Harapannya supaya peneliti bisa menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran, khususnya keterampilan membaca pemahaman teks narasi sejarah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Sariwangi tahun pelajaran 2019-2020 yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 13 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model inquiry learning berdasarkan pola pertanyaan 5 W+1H mencapai 87,82  dengan kategori sangat baik.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan model inquiry learning berdasarkan pola pertanyaan 5 W+1H telah mencapai tujuan penelitian.

Full Text:

PDF

References


Dalman, (2017). Keterampilan Membaca. Jakarta:Raja Grafindo Persada. Gintings A.(2014). Bealajar

Pembelajaran. Bandung.

Latief, H. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Geografi Gea,

(1), 11–27. https://doi.org/10.17509/gea.v14i1.3358

Patilima, Hamid.(2017). Metode penelitian kualitatif.Bandung:CV Alfabeta Progdi PPKN 2015. Buku

Panduan Akademik .Surakarta: UMS. Rahmawati

Saliman .(2011). Pengaruh Pendekatan Inquiry dan Discovery Terhadap Hasil Belajar

Biologi.Tersedia : https://journal.uny.ac.id.view. Diunduh 8 november 2019.

Sudjana, Nana.(2013) . Dasar-dasar proses Belajar Mengajar.Bandung:Sinar Baru.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats