PEMBELAJARAN ONLINE MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI MEMAHAMI TEKS NON FIKSI DI KELAS 5 DALAM MASA PANDEMI COVID 19

Kinkin Karimah Nursyabani, Anugrah Ramadhan Firdaus

Abstract


Abstrak

Penelitian dilatarbelakangi oleh adanya situasi perubahan global pandemi Covid 19 di seluruh dunia dan juga termasuk Indonesia. Sehingga hal ini menjadi penyebab pelaksanaan pembelajaran online di Indonesia. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui skenario pembelajaran online,  mengetahui kesulitan-kesulitan dihadapi guru dan siswa saat melaksanakan pembelajaran online mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi memahami teks non fiksi  di kelas 5 SD dalam masa pandemi Covid 19 serta  upaya  yang harus dilakukan guru agar pembelajarannya berjalan dengan efektif. Metode penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. sampel dari penelitian ini adalah siswa SD Swasta di gugus 23 Arcamanik dan siswa SD negeri di gugus 1 Cileunyi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran online mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi memahami teks nonfiksi  di kelas 5 SD dalam masa pandemi Covid 19 telah melakasanakan tahapan skenario perencanaan, melaksanakan pembelajaran yang disesuaikan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran online, pengelolaan pembelajaran online, dan evaluasi. Kesulitan guru saat pembelajaran online ini yaitu menganalisis pemahaman siswa,  meningkatkan motivasi anak belajar saat pembelajaran online, dan kesulitan memberikan hasil evaluasi belajar yang objektif. Kesulitan siswa pada pembelajaran online ini adalah  kurangnya mobilitas, siswa tidak bisa  melakukan diskusi langsung kepada guru, dan sulit memahami materi. Guru melakukan kunjungan rumah, dialog dengan orang tua, serta membaca literatur sebagai upaya agar pembelajan efektif.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Online, Memahami Teks nonfiksi , dalam masa pandemik Covid 19

 


Full Text:

PDF

References


Aminah, E., Joyoatmojo, S., & Haryanto, S. (2013). Kontribusi Motivasi Belajar dan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Kota Salatiga. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 1, No. 2:113-125 Epale. Electronic Platform for Adult Learning in Europe.

https://epale.ec.europa.eu/en/blog/interactive-learning-environment-model-workplace-tra ining

Dabbagh, N., 2007. Online learning: Concepts, strategies and application. Upper Saddle river, NJ: Prentice Hall

Enriquez, M. A. S. (2014). Students ’ Perceptions on the Effectiveness of the Use of Edmodo as a Supplementary Tool for Learning. DLSU Research Congress. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 .

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajar an Inovatif. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.

Farner, Geir (2014). Literary Fiction: The Ways We Read Narrative Literature. USA: Bloomsbury Publishing.

Firman, 2020. “Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal. Ilmiah Pendidikan Biologi. https://online-journal.unja.ac.id/biodik

Garrison, D. R., & Cleveland-Innes, M. (2005). Facilitating cognitive presence in online learning: Interaction is not enough. American Journal of Distance Education,

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social

https://republika.co.id/berita/q8gkaa374/covid19-dan-potret-pembelajaran-berbasis-elearning diakses tanggal 10 Juli 2020 pukul 12.33

Hardiyanto. 2013 Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi di internet Oleh Pemerintah Daerah. Diponogoro Journal of Accounting. Vol.2,No, 3, tahun 2013 (online)

(Http:/ejournal-s1.undip.ac.id/, diakses pada agusrus 2020).

Khan, A.I, Noor-ul-Qayyum, Shaik. MS, Ali. AM. & Bebi. CV. (2012). Study of Blended Learning Process in

Education Context, I.J. Modern Education and Computer Science, 9, 23-29 Published Online September 2012 in MECS (http://www.mecs-press.org/) DOI: 10.5815/ijmecs.2012.09.03.

Kitao, Kenji. S. Kathleen Kitao. (1998) Selecting and developing teaching/Learning materials. The Internet TESL Journal, Vol. IV.

Moleong, Lexy. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. remaja Rosdakarya. 2. Mutik, R. (2005).

Moe, T.M. (2000) The new economic of organization. American journal of political science 28(5):739-777UNNES. Semarang.

Purwanto, A. (2020). Studi Eksplorasi Dampak Work From Home ( WFH ) Terhadap Kinerja Guru Selama Pandemi Covid-19. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 92-100. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/418Rakhmat, dkk. 2006. Psikologi Pendidikan. Upi Press. Bandung.

Rothan & Byrareddy.2020.”The epidemiology and Phatogenesis of corona virus (COVID 19)” Journal of Autoimunity. www.elsevier.com/locate/jautimm.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats