PEMBELAJARAN PEMAHAMAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA)

Sri Sulistio Gunarti(1*), Asep Sodikin(2)

(1) 
(2) SD 3 Cikande
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

PEMBELAJARAN PEMAHAMAN MATEMATIKA
PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR DENGAN
MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA)

tiogunarti@gmail.com

 

Latarbelakang penelitian ini adalah guru tidak hanya menjadi subjek utama dalam pembelajaran melainkan siswa pun dituntut aktif untuk mengikuti aktivitas pembelajaran agar diperoleh pemahaman yang bermakna dan dapat dilakukan melalui berbagai strategi penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa SD menggunakan model pembelajaran GQGA. (2) Mengetahui bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran Active Learning model GQGA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif Deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas 2 A dan B di SDN 050 Cibiru Bandung. Teknik pengumpulan data meliputi seperangkat soal tes yang terdiri dari 5 soal subjektif yaitu uraian. Instrumen penelitian ini menggunakan tes uraian dan angket. Analisis data dilakukan secara kuantitatif, data tersebut diambil dari hasil pretes dan postes. Data kualitatif diambil dari angket. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kualitas peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Active Learning model GQGA lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan cara biasa.Menunjukkan respon positif dari siswa mengenai manfaat pembelajaran Active Learning model GQGA terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata Kunci : Pemahaman komunikasi matematis, model pembelajaran Giving Question and Getting Answer.


Keywords


Pemahaman komunikasi matematis, model pembelajaran Giving Question and Getting Answer

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara..

Hendriana, Heris (2018).Student Teachers’Mathematichal Questioning And Courage In Metaphorical Thinking. Jurnal. Dipublikasikan: Journal of Physics: Conference Series-IOP Publishing Ltd. Vol 948 No.1 Tahun 2018 ISSN: 17426588

Juariah, Juju. 2008. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Matematika. Tesis UPI. Tidak diterbitkan.

Juanda, Rifahana Yoga. 2009. Upaya Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction (ARIAS). Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika UIN Bandung: tidak diterbitkan.

Kanli, Uygar. 2008. The Effects of a Laboratory Based on the 7E Learning Cycle Model and Verification Laboratory Approach on the Development of Students’ Science Process Skills and Conceptual Achievement. Journal of Educational.

Pribadi, Benny. 2010. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Dian Rakyat.

Silberman, Melvin. 2011. ACTIVE LEARNING. Bandung: NUANSA

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus, (2009), Cooperative Learning.Yogjakarta:Pustaka Pelajar

Susilawati, Wati. 2012. Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung: Insan Mandiri

Turk, Fatma dan Calik. 2008. Using Different Conceptual Change Metods Embedded Within 5E Model: A Sample Teaching of Endothermic – Exothermic Reactions. Journal of International: 1 – 10.

Yenilmez, Kürsat dan Ersoy. 2008. Opinions of Mathematics Teacher Candidates Towards Applying 7E Instructional Model on Computer Aided Instruction Environments. International Journal of Instruction: 49 – 60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats