PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPTIF PADA SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY

Authors

  • Elli Marlina

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i3.5578

Keywords:

Descriptive Writing, Cooperative type Two Stay Two Stray (TS-TS)

Abstract

Abstract

This research is based on the low score of the results of learning to write descriptions or has not met the KKM, as well as the learning process. The learning process of writing descriptions by the teacher still uses conventional methods. To increase interest in learning and activate students in participating in Indonesian language learning, researchers here use the Two Stay Two Stray (TS-TS) type of cooperative learning model. This research is a qualitative descriptive study using interview, observation, documentation and test techniques. The subjects in this study were 30 students. The results of this study indicate that learning descriptive writing skills includes planning, implementation and evaluation. The results of descriptive writing using the Cooperative Learning learning model type two stay two stray with the category (very good), this shows that the indicators of success have been achieved, because overall student scores are in the range 80% - 100% experiencing success, namely 87%. Meanwhile, the student and teacher responses were positive and very good.

 

Keywords: Descriptive Writing, Cooperative type Two Stay Two Stray (TS-TS)

 

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi dari nilai hasil pembelajaran menulis deskripsi masih rendah atau belum memenuhi KKM, begitu pula proses pembelajarannya. Proses pembelajaran menulis deskripsi yang dilakukan guru masih menggunakan metode konvensional. Untuk meningkatkan minat belajar dan mengaktifkan siswa dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia, peneliti di sini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) dalam pembelajaran keterampilan menulis deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Subjek pada penelitian ini siswa berjumlah 30 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan menulis deskriptif meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil menulis deskriptif menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe two stay two stray dengan kategori (sangat baik), Hal ini menunjukkan bahwa  indikator keberhasilan sudah tercapai, karena secara keseluruhan nilai siswa berada  pada rentang  80% - 100 % mengalami keberhasilan yaitu 87%. Sedangkan untuk respon siswa dan guru positif dan sangat baik.

Kata Kunci : Menulis Deskriptif, Kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS)

 

 

References

Anita Lie. 2002. Cooperative Learning (Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang- ruang Kelas). Jakarta: PT. Grasindo.

Arman Hakim M, dkk. 2007. Pengantar pendidikan dalam penelitian. Surabaya: Viska Nasional.

Baharudin, dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Group.

Depdikbud. 2002. Kamus Besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. (2006). KTSP: Standar Kompetensi Mata Pelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Etin Solihatin dan Raharjo,2009. Coopertif Learning Analisis Pembalajaran IPS,(Jakarta: Bumi Aksara, cet.4

Muhibbin Syah. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Rafindo Persada Jakarta.

Mukhtar., Martinis Yamin,2002 Metode Pembelajaran yang Berhasil, Jakarta: Sasama Mitra Suksesa

Mulyono Abdurrahman. 2003. Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra.

Yogyakarta: BPFE.

Poerwadarminta. 1983. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rifa’i dan Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sabarti Akhadiah, dkk. 1992. Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Saifuddin Azwar. 2010. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setyantoro, Imam. 2012. Karangan Deskripsi. Tersedia pada http://imam setiyantoro.wordpress.com/2012/05/29/karangan-deskripsi/ [diakses 16/01/ 2013].

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Suparno dan Yunus. 2008. Ketrampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka

St. Y. Slamet. 2008. Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Pres.

TIM Penyusun Pusat. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi Ke-tiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles