Peran Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegraan Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar

Authors

  • Eka Marawati
  • Agni Muftianti

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i2.5582

Abstract

Abstrak

Perhatian orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa karena orang tua adalah pendidik utama bagi anaknya. Tujuan penelitian ini : 1) Untuk mengetahui skenario dan implementasi peran perhatian orang tua terhadap motivasi belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas 3 sekolah dasar. 2) Untuk mengetahui respon orang tua dan siswa mengenai peran perhatian orang tua terhadap motivasi belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas 3 sekolah dasar. 3) Untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dialami orang tua dalam memberikan perhatian sehingga mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas 3 sekolah dasar pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian : 1) Implementasi perhatian orang siswa kelas 3 sekolah dasar masih belum optimal, hasil observasi dan angket menunjukan 4 indikator cukup baik dan 3 indikator baik. Implementasi motivasi belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas 3 sekolah dasar menunjukan kurang semangat, hasil angket menunjukan 4 indikator cukup semangat dan 2 indikator semangat. 2) Respon orang tua dan siswa setuju bahwa motivasi belajar pendidikan kewarganegaraan dipengaruhi oleh peran perhatian orang tua. 3) Kendala orang tua memberikan perhatian karena faktor ekonomi, latar belakang pendidikan dan waktu. Kendala siswa meningkatkan motivasi belajar pendidikan kewarganegaraan yaitu kurangnya bimbingan dan pengawasan dari orang tua dan lingkungan sekitar.

 

Kata kunci: Peran Orang Tua, Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles