PEMBELAJARAN ONLINE MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS IV SEKOLAH DASAR DALAM MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Dewi Yuliani
  • Deden Herdiana Altaftazani

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i2.5587

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya pelaksanaan pembelajaran matematika di masa pandemi covid-19 dimana matematika dianggap sebagai pelajaran yang sulit terutama materi keliling dan luas bangun datar dengan rumus yang banyak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian 2 orang guru dan 12 orang siswa kelas IV Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian menunjukan skenario pembelajaran online dipersiapkan dan dibuat guru.Kendala guru dan siswa dalam pembelajaran online terkait sarana komunikasi berbasis IT yang belum memadai, kemampuan guru dalam membuat media berbasis IT, tingkat memahami materi serta peran serta orang tua dalam pendampingan belajar. Bahan ajar, LKS dan tugas yang diberikan dalam pembelajaran online sudah bervariasi. Upaya yang harus dilakukan agar pembelajaran online efektif yakni guru meningkatkan pengetahuan tentang berbagai jenis pembelajaran online, pembuatan media pembelajaran berbasis IT dan peningkatan sarana prasarana komunikasi berbasis IT. Peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran online matematika pada materi keliling dan luas bangun datar kelas IV belum efektif , terdapat beberapa kendala yang sangat berperan penting dalam terlaksananya pembelajaran online.

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles