KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLETUALLY)

Ika Novianty Patty(1*), Nelis Supriati(2), Karyati Ningrat(3)

(1) 
(2) 
(3) SDN Kutamulya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V melalui model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intelletually). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 068 Sindanglaya Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal tentang keterampilan menulis puisi, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas keterampilan menulis puisi setelah menggunakan model pembelajaran SAVI. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata keterampilan menulis puisi kelas sebesar 77,19 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 95 dan nilai terendah sebesar 60. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 96,9% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 3,1% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum.

 


Keywords


Keterampilan Menulis Puisi, model pembelajaran SAVI

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Mukhsin. 1990. Strategi Belajar Mengajar Keterampilan Berbahasa & Apresiasi Sastra. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman, 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Dantes,

Fitriyani. Pengaruh Model SAVI terhadap kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Kelas V SD.

Gaol, Harnoi Asrin Lumban. 2013. The Effect of Applying Somatic Auditory Visual Intellectual (SAVI) in Writing Report Text.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Lena, Ni Putu Natih, dkk. Pendekatan Pembelajaran Somatic, Auditory Visual and Intellectual (SAVI) Berpengaruh terhadap hasil Belajar IPA Kelas IV SD No.1 Kuta.

Milawati, Teti. 2011. Peningkatan Kemampuan Anak Memahami Drama dan Menulis Teks Drama melalui Model Pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI). 2: 70-78

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi (GP Group).

Pradopo, Rachmat Djoko. 2012. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Puspayanti, I Gusti A.R. 2013. Pengaruh Pendekatan SAVI terhadap Keterampilan Menyimak pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Gugus Letkol Wisnu Kecamatan Denpasar Utara.

Safitri, Dian Hirdaniati. 2013. Pengaruh Model SAVI terhadap Kemampuan Menulis Cerpen berdasarkan Pengalaman Orang Lain.

Sapti, Mujiyem dan Suparwati. 2011. An Experiment of Mathematics Teaching Using SAVI Approach and Conventional Approach Viewed from the Motivation of the Students of Sultan Agung Junior High School in Purworejo.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito Bandung.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suparno dan Mohamad Yusuf. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto, 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta: Tim Prestasi Pustaka.

Yulyanitha, Ni Luh Devi. Pengaruh Model Pembelajaran SAVI berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN di Gugus V Kecamatan Sukasada.

Zulela, M.S. 2013. Pembelajaran Bahasa Indonesia Apresiasi Sastra di SD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i3.5591

Article Metrics

Abstract view : 20 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats