PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PKN KELAS V SEKOLAH DASAR MELALUI PENDEKATAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION

Kusna Suheri(1*), Fadly Pratama(2)

(1) Ikip Siliwangi
(2) Ikip Siliwangi
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran PKn pada siswa kelas V dengan pendekatan model pembelajaran Team Assisted Individualization. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 188 Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal evaluasi, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran setelah menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 75,47 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 100 dan nilai terendah sebesar 60. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 73,3% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 26,7% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum.


Keywords


Pemahaman PKn, Model Team Assisted Individualization

References


Adeneye, et al. 2013. Effects of Framing and Team Assisted Individualised Instructional Strategies on Senior Secondary School Students’ Attitude Toward Mathematics.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Dewi. 2014. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Berbantuan Media Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar PKn SDN 29 Dangin Puri Denpasar

Fathurrohman, dkk. 2012. Pembelajaran Sekolah Dasar Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model – Model Pembelajaran Inovatif. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media

Gunawan, Muhammad Ali. 2013. Statistika untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta:Parama Publishing.

Hamdayana, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hijriyah. Umtikhah. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar PKn SDN Negeri 2 Tinggarjaya Banyumas Tahun Ajaran 2012/2013

Huda, Miftahul. 2014. Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Isjoni.2011. Cooperative Learninng Evektivitas pembelajaran kelompok. Bandung:Alfabeta

Putra, dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individually) Berbantuan Media Powerpoint terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Petang Badung

Rahmawati, dkk. 2014. Keefektifan Pembelajaran Kooperatif STAD dan TAI Ditinjau dari Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Kelas IV di SDN Muhammadiyah Kleco Yogyakarta

Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewraganegaraaan SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung:Alfabeta. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert. 2015. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Sudarsih. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD/MI Kelas V. Jakarta Departemen

Sudjana, 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta

Suyono, dkk. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Kosdakarya

Taniredja, Tukiran dkk. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Tarim, Kamuran. 2008. The effects of cooperative learning on Turkish elementary student’s mathematics achievement and attitude towards mathematics using TAI and STAD methods

Tinungki. 2015. The role coopetarive learning type TeamAssisted Individualization to improve the students’ mathematics communication ability in the subject of probability theory

Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats