ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE ARTIKULASI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Apriliyanti Barki(1*), Fadly Pratama(2)

(1) Ikip Siliwangi
(2) Ikip Siliwangi
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran Kenampakan alam dan sosial budaya pada siswa kelas IV dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe artikulasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 188 Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal evaluasi, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran setelah menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe artikulasi. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata hsil belajar siswa sebesar 80,77 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 100 dan nilai terendah sebesar 60. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 92,3% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 7,7% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum

Keywords


Pemahaman, Model Cooperative Learning tipe artikulasi

Full Text:

PDF

References


Agustin, Ni Luh Eni, dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Berbantuan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Tk. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.Vol 2 (1)

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi

Aksara

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Depdiknas.2007. Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).Jakata: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum

Hamalik,Oemar.2011.Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hamalik,Oemar.2012.Psikologi Belajar dan Mengajar.Bandung:Sinar Baru

Algensindo

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Hartono, Rudi.2014.Ragam Model Mengajar Yang Mudah Diterima Murid.

Yogyakarta : Diva Press

Huda, Miftahul.2013.Model-Model Pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Junianto, Arfian, dkk.2014.Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Artikulasi dan Media Power Point. Jurnal Pedagodi – FKIP UNILA. Vol 2 (7)

Leluhur, Waris.2012.Pengaruh Persepsi Pembelajaran Model Artikulasi dengan Media LCD Proyektor dan tingkat Motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 1licin- Banyuwangi semester 2 Tahun Pelajaran 2011-2012. Jurnal Ilmiah PROGRESSIF. Vol 9 (25)

Ning, Huiping. 2010. Adapting cooperative learning in tertiary ELT. ELT Journal

Oxford University Press .Vol 65 (1) : 60-70

Nuriati, Rohmah, dkk. 2014. Eksperimentasi Model Pembelajaran Artikulasi dengan Mengunakan Alat Peraga pada Materi Bangun Ruang. Ekuivalen - Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 7 (4)

Nurkhayati, Amelia, dkk. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Laporan Pengamatan Usaha Konfeksi. Jurnal Mahasiswa Universitas Sebelas Maret. Vol 2 (1)

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Rajuli, Rahmad, dkk. 2016. Pengaruh Penerapan Model Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran-UNTAN. Vol 5 (2)

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Prenada Media

Sapriya. 2014. Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Solihatin,Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPkn. Jakarta: PT Bumi Aksara Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya Offset.

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda

Karya Offset.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kulitatif dan RnD.Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian.Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.

Jakarta: Prenada Media Group

Widiyoko, Eko Putro. 2014. Teknik penyusunan instrument penelitian.Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i3.5594

Article Metrics

Abstract view : 25 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats