ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE ARTIKULASI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v5i3.5594Keywords:
Pemahaman, Model Cooperative Learning tipe artikulasiAbstract
References
Agustin, Ni Luh Eni, dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Berbantuan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Tk. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.Vol 2 (1)
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi
Aksara
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Depdiknas.2007. Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).Jakata: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum
Hamalik,Oemar.2011.Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hamalik,Oemar.2012.Psikologi Belajar dan Mengajar.Bandung:Sinar Baru
Algensindo
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Hartono, Rudi.2014.Ragam Model Mengajar Yang Mudah Diterima Murid.
Yogyakarta : Diva Press
Huda, Miftahul.2013.Model-Model Pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Junianto, Arfian, dkk.2014.Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Artikulasi dan Media Power Point. Jurnal Pedagodi – FKIP UNILA. Vol 2 (7)
Leluhur, Waris.2012.Pengaruh Persepsi Pembelajaran Model Artikulasi dengan Media LCD Proyektor dan tingkat Motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 1licin- Banyuwangi semester 2 Tahun Pelajaran 2011-2012. Jurnal Ilmiah PROGRESSIF. Vol 9 (25)
Ning, Huiping. 2010. Adapting cooperative learning in tertiary ELT. ELT Journal
Oxford University Press .Vol 65 (1) : 60-70
Nuriati, Rohmah, dkk. 2014. Eksperimentasi Model Pembelajaran Artikulasi dengan Mengunakan Alat Peraga pada Materi Bangun Ruang. Ekuivalen - Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 7 (4)
Nurkhayati, Amelia, dkk. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Laporan Pengamatan Usaha Konfeksi. Jurnal Mahasiswa Universitas Sebelas Maret. Vol 2 (1)
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Rajuli, Rahmad, dkk. 2016. Pengaruh Penerapan Model Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran-UNTAN. Vol 5 (2)
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Jakarta: Prenada Media
Sapriya. 2014. Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Solihatin,Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPkn. Jakarta: PT Bumi Aksara Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya Offset.
Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda
Karya Offset.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kulitatif dan RnD.Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian.Bandung: Alfabeta
Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.
Jakarta: Prenada Media Group
Widiyoko, Eko Putro. 2014. Teknik penyusunan instrument penelitian.Yogyakarta: Pustaka Pelajar