PEMBELAJARAN PECAHAN SENILAI MELALUI TEORI DIENES DI KELAS IV SDN 195 ISOLA KOTA BANDUNG

Authors

  • Atikah Atikah Ikip Siliwangi
  • Uus Kuswendi Ikip Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i3.5596

Keywords:

Pembelajaran pecahan senilai, Teori Belajar Dienes

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu (1) mengetahui skenario dan implementasi pembelajaran pecahan senilai; (2) mengetahui respon guru dan siswa dalam pembelajaran pecahan senilai melalui teori  belajar Dienes; (3)menganalisis kesulitan- kesulitan guru dalam pembelajaran pecahan senilai melalui teori DienesPenelitian ini menggunakan  pendekatan kualitatif  dengan metode studi kasus. Partisipan penelitian ini ialah siswa, guru, dan  kepala sekolah. Teknik pengumpulan  data menggunakan, observasi, wawancara, dan  soal test. Analiisis data dalam penelitian ini yaitu bersifat kualitatif yang bersifat uraian kalimat  yang tidak dapat diubah dalam bentuk angka-angka. Hasil penelitian menunjukkan siswa mampu berinteraktif denganguru dan rekannya, mereka lebih mandiri, aktif,interaktif, dan siswa terlihat senang dan gembira selama proses pembelajaran, Guru dan siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran   dengan teori Dienes, Upaya guru dalam pengembangan  teori Dienes harus membiasakan siswa dapat bekerjasana dengan temannya  tanpa membeda-bedakan kemampuan temannya supaya terjalin kerjasama dan  rasa saling menolong dan menghargai teman dalam berkelompok. Guru  dalam pembelajaran ini  harus lebih bisamenenetukan kesamaan sifat dari siswa yang memiliki    karakter yang berbeda. Jadi pada dasarnya pembelajaran pecahan senilai melalui teori Dienes  dapat diterapkan meskipun banyak kesulitan-kesulitan yang harus dihadapi.

References

Aisyah, Nyimas. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Atiqoh, Siti. 2014. “Efektifitas Pembelajaran Berbasis Teori Belajar Zoltan Paul Dienes Terhadap Pemahaman Konsep Teorema Pythagoras Siswa Kelas VII SMPâ€. Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tidak diterbitkan.

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Hamalik, Oemar. 2015. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kholik, Muhammad. 2011. Metode Pembelajaran Konvensional. Online Tersedia di https://muhammadkholik.wordpress.com/metode-pembelajaran konvensional.

Moyer, Patricia S. 2013. Effect of Virtual Manipulatives on Student Achievement and Mathematics Learning. International Journal of Virtual and Personal Learning Envioronments. 4(3), 35-50. USA.

Sadirman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sriraman, Bharath and English, Lyn D. (2005). On the teaching and learning of Dienes’ Principles. International Reviews in Mathematics Education (ZDM) 37(3):258-262.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama. Sulipan. 2016. Penelitian Eksperimen. Online Tersedia di http://sekolah.8k.com/rich_text_4.html (diakses tanggal 31 Mei 2016).

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Wardani, Krisma Widi. 2012. “Efektifitas Penerapan Permainan Menggunakan Aturan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas IV Semester I di SD Negeri Kawengen 02 Ungaran Timur Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2011/2012â€. Skripsi. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Tidak diterbitkan.

Wassahua, Sarfa. 2014. “Aplikasi Teori Dienes Dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi Siswa Sekolah Dasarâ€. Skripsi. FITK IAIN Ambon. Tidak diterbitkan.

Widhiastrini, Florentina. “Kumpulan Tulisan Tentang Penelitian Eksperimenâ€. PGSD UNNES. Tidak diterbitkan.

Winataputra, Udin S. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yoni, Acep. 2012. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles