ANALISIS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v5i6.5598Keywords:
Pemahaman IPA, Model Keterampilan Proses SainsAbstract
References
Arikunto, Suhasimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Depdiknas. 2007. Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hanson, David M. 2005. Designing Procced-Oriented Guided-Inquiry Activities. Departemen of Chemistery: Stony Book University.
Hendriana, Heris. 2018. Student Teacher Mathematical Questioning And Caurage In Metaphorical Thinking Learning. Journal of Physics Conference Series Vol.948,No.1
Joyce, B., M. Wheil, & E. Calhoun. 2011. Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.
Pratama D. Fadly. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Scientifik Pada Pembelajaran Praktikum. Journal Of Physics Conference Series. Vol 3 No.1
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung: Unnes.
Sanjaya. Wina. 2014. Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Solikhah. 2014. Keefektifan Model Guided Inquiry dengan Pendekatan Keterampilan Metakognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal KREANO. Vol.5, No.1, 18-25.
Sudjana, Nana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Supriyati. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Inquiry dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.5, No.2, 80-96.
Susilowati, Endang dan Wiyanto. 2010. IPA 4: untuk SD/MI Kelas 4. Jakarta: Pusat Perbukuan.