ANALISIS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Siti Nuryani IkipSiliwangi
  • Fadly Pratama

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i6.5598

Keywords:

Pemahaman IPA, Model Keterampilan Proses Sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran IPA pada siswa kelas VI melalui pendekatan model keterampilan proses sains. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 085 Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal IPA, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran setelah menggunakan pendekatan model keterampilan proses sains. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 73,84 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 93 dan nilai terendah sebesar 53. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 80,0% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 20,0% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum

References

Arikunto, Suhasimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Depdiknas. 2007. Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanson, David M. 2005. Designing Procced-Oriented Guided-Inquiry Activities. Departemen of Chemistery: Stony Book University.

Hendriana, Heris. 2018. Student Teacher Mathematical Questioning And Caurage In Metaphorical Thinking Learning. Journal of Physics Conference Series Vol.948,No.1

Joyce, B., M. Wheil, & E. Calhoun. 2011. Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.

Pratama D. Fadly. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Scientifik Pada Pembelajaran Praktikum. Journal Of Physics Conference Series. Vol 3 No.1

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung: Unnes.

Sanjaya. Wina. 2014. Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Solikhah. 2014. Keefektifan Model Guided Inquiry dengan Pendekatan Keterampilan Metakognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal KREANO. Vol.5, No.1, 18-25.

Sudjana, Nana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Supriyati. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Inquiry dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.5, No.2, 80-96.

Susilowati, Endang dan Wiyanto. 2010. IPA 4: untuk SD/MI Kelas 4. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Downloads

Published

2022-11-29

Issue

Section

Articles