ANALISIS PENERAPAN MODEL TIME TOKEN PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS V SD NEGERI CIBIRU KOTA BANDUNG

Nenden Kurniawati(1*), Ruli Setiyadi(2)

(1) Ikip Siliwangi
(2) Ikip Siliwangi
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran PKn pada siswa kelas V dengan pendekatan model pembelajaran time token. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 050 Cibiru Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal evaluasi, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran setelah menggunakan model pembelajaran time token. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata hsil belajar siswa sebesar 78,00 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 100 dan nilai terendah sebesar 60. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 88,0% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 12,0% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum.


Keywords


Pemahaman PKn, Model time token

Full Text:

PDF

References


Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Sekretariat Negara.

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sekretariat Negara.

Ruminiati. 2008. Pembelajaran PKn SD. PJJ UNNES.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Sugiyono. 2006. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Undang-Undang RI No.12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia. Jakarta: Sekretariat Negara.

Winataputra, Udin S. 2009. Materi dan pembelajaran PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i3.5625

Article Metrics

Abstract view : 21 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats