PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA POKOK BAHASAN PUISI MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v5i6.5644Keywords:
Pembelajaran Bahasa Indonesia, model kooperatif tipe two stay two strayAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran bahasa indonesia pada siswa kelas II dengan model pembelajaran cooperative learning tipe two stay two stray. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II salah satu sekolah dasar negeri di Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal tentang puisi, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran setelah menerapkan dengan model model pembelajaran cooperative learning tipe two stay two stray. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata mata pelajaran bahasa indonesia kelas sebesar 80,67 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 94 dan nilai terendah sebesar 60. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 93,7% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 6,3% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimumReferences
Abidin, Y. (2011). Penelitian Pendidikan Dalam Gamintan Pendidikan Dasar dan PAUD. Bandung: Rizqi press
Abidin, Yunus. (2013) Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung : Refika Aditama.
Arsan, Liani Martha (2017) “ Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar SKI Kelas III MIN 6 Bandar Lampung†Skripsi, UIN Bandar Lampung.
Ardhani, Prasetya Yitzhak. (2017) “ Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe two stay two stray untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD , Skripsi UNLA Lampung.
Aunurrahman (2014) Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta
Aziz, dan Andi Syukri Syamsuri. (2011). Apresiasi dan Kajian Puisi. Surabaya : Penerbit Bintang Surabaya
Badan Nasional Standar Pendidikan (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran. Jakarta :Dharma Bhakti
Dedih, Ujang. (2014) Model-Model Pembelajaran, Bandung: Tidak dipublikasikan
Hamalik, Oemar. ( 2009) Kurikulum dan Pembelajaran , Jakarta : Bumi Aksara
Huda, Miftahul. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hermawan, R, Mujono, dan Suherman, A.(2007). Metode Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar. Bandung: UPI press
Isjoni, (2011). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik, Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Isjoni, (2012). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok, Bandung: Alfabeta
Jamaluddin, (2014).Belajar dan Pembelajaran, Bandung:Insan Mandiri
Kurnaesih, A. (2012) Metode Penemuan Terbimbing Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Induktif Siswa. Skripsi PGSD UPI Cibiru. Tidak diterbitkan
Lestari,V (2011).Pembelajaran Berbasis Multiple Intelegensi terhadap Penalaran Siswa Pada Matematika di SD. Skripsi PGSD UPI Cibiru, tidak diterbitkan
Sagala, S. (2003) Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung : Alfabeta
Salahudin, Anas (2011) Filsafat Pendidikan, Bandung:Pustaka Setia
Setiyadi, Ruli (2017) Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Joyfull Learning Di Sekolah Dasar Kabupaten Bandung Barat, Jurnal IKIP Siliwangi
Shoimin, Aris. ( 2014 ) 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta : Ar Ruzz Media
Sudjana, Nana (2002). Pendidikan Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya
Sudjana, Nana (2008), Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono, (2009) .Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta
Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning Teori dan Apliksi PAIKEM, Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Sutikno, Sobri. (2008). Belajar dan Pembelajaran, Bandung : Prospect.
Syaiful, Djamaraah (2013), Strategi Belajar Mengajar,Jakarta Rineka Cipta
Trianto, (2014) Mendesain Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif, Bandung:Alfabeta
Wahyuni, Ristri. (2014) Kitab Lengkap Puisi, Prosa,dan Pantun Lama , Yogyakarta : Saufa
Wardoyo, Sigit Mangun. (2013) Teknik Menulis Puisi, Yogyakarta : Graha Ilmu
Widiastuti, Renita (2012) Analisis Puisi Anak (Online), Tersedia: http://renitawidiastuti,blogspot.co.id/2014//analisis puisi anak.html diakses tanggal 30 Juni 2019
Yahya, Murif. (2008).Pengantar Pendidikan, Bandung:Prospect.