PEMBELAJARAN PEMAHAMAN KONSEP DENGAN MENGGUNAKAN METODE SAL (STUDENT ACTIVE LEARNING)

Neni Mulyani(1*), Duhita Savira Wardani(2)

(1) Ikip Siliwangi
(2) Ikip Siliwangi
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pemahaman konsep pada siswa kelas IV melalui pendekatan metode Student Active Learning (SAL). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 112 Pamoyanan Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal evaluasi matematika, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran setelah menggunakan model SAL. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 78,33 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 100 dan nilai terendah sebesar 60. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 90,0% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 10,0% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum

Keywords


Pemahaman Konsep, Model Student Active Learning

References


Azhar, Arsyad, M.A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Eka Lestari, Karunia dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Erickson and Bern. (2001) ”Contextual Teaching and Learning”. Journal of Economy. No.2

Fathurrohman, Pupuh & M. Sobry Sutikno. (2007) Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Islami, Bandung: Rafika Aditama.

Fredy, Sunaryo Soenarto. (2013). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika pada materi Bilangan Bulat Kelas IV SDN Lempuyangan I Yogyakarta. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika. No.2

Hasbullah. (2008). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Jufriyah. (2008). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 17 Parepare. Jurnal Pemahaman Matematis. No.1

M. Sobry Sutikno , (2009). Belajar dan Pembelajaran , Bandung:Prospect

Masyhuri dan Zainuddin. (2011) Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dan Aplikatif, Bandung: Refika Aditama.

Rusefeendi. (2010) Dasar-Dasar Penelitian pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya, Bandung: Tarsito.

Siregar, Eveline. Dkk (2010) Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudjana, Nana. (2005) Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung:PT Remaja Rosdikarya

Sugiyono. (2010) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2011) Statistik Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Supriyono, Agus. (2009) Jenis-jenis Model Pembelajaran, Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Syah, Muhibbin. (2000) Psikologi Pendidikan, Bandung:PT Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i4.5761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats