PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS ANIMATION DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG UNTUK KELAS V SD/MI

Muhamad Khasanudin, Nur Cholid, Linda Indiyarti Putri

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D Thiagarajan yang meliputi empat tahapan yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan soal tes. Angket digunakan pada validasi ahli, sedangkan soal tes digunakan pada penilaian hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran Audio Visual berbasis Animation pada mata pelajaran Matematika materi bangun ruang, (2) mengetahui kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan, (3) mengetahui keefektifan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang dan (4) mengetahui kepraktisan produk yang dihasilkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil pengembangan media pembelajaran diketahui bahwa: (1) produk media yang dikembangkan layak digunakan di MI NU 02 Nahdlatul Wathon Wonodadi. (2) kevalidan produk berdasarkan validasi ahli materi sebesar (3,64) termasuk kriteria “sangat layak” untuk digunakan, sedangkan berdasarkan validasi ahli media sebesar (3,84) termasuk kriteria “sangat layak” untuk digunakan, dan hasil ujicoba pada siswa kelas V sebesar (100%) termasuk kriteria “sangat baik” untuk digunakan. (3) Keefektifan produk untuk hasil belajar megambil hasil uji coba tes pada siswa. (4) Kepraktisan produk mengambil penilaian ahli materi dan ahli media.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran, Video Animasi, Bangun Ruang

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats