MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v5i4.6262Keywords:
Model CTL, Pemahaman Matematika, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini dilakukan karena fakta di lapangan terdapat banyak siswa yang belum sepenuhnya memahami materi yang dijelaskan oleh guru terutama dalam mata pelajaran matematika. Kebanyakan siswa hanya sekedar menghafal materi tanpa memahaminya dengan baik dan benar, sehingga tidak sedikit siswa yang saat diberikan evaluasi kemampuannya tidak mencapai ketentuan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara teoritis tentang penggunaan model CTL pada pemahaman matematika siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah kajian literatur (literatur review). Sampel dalam penelitian ini adalah lima artikel yang publish pada jurnal nasional. Hasil kajian dalam penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran CTL mampu memberikan peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa. Hal ini dilihat dari peningkatan pada penelitian Siklus I dan penelitian siklus II dimana siswa mampu mencapai ketuntasan minimal secara keseluruhan dalam pembelajaran matematika dan rata-rata mendapat nilai 70-100. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran CTL mampu meningkatkan pemahaman matematika siswa dan memperbaiki proses pembelajaran pada mata pelajaran matematika.
References
Dores, O. J., Bustami, Y., Mila, R., Ana, M., Persada, S., Sintang, K., & Sengkuang, J. P. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Model Pembelajaran Kontekstual pada Materi Perkalian dan Pembagian. Prisma Sains, 7(1), 10–16.
Ghassani, D., & Fitriani, A. D. (2019). Penerapan Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 91–99.(Kurnia, 2011)
Indriani, R., Puspita, A. M. I., Ninawati, M., Handayani, H., & Agusfianuddin, A. (2019). Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pecahan. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 109–116. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp109-116
Kurnia, E. A. S. (2011). Peningkatan Pemahaman Konsep Perkalian Bilangan Cacah melalui Model Pembelajaran CTL Kelas 2 SDN 1 Boyolali Tahun Ajaran 2010-2011 (Vol. 3, Issue 12). https://doi.org/10.3969/j.issn.1006-8082.2011.06.013
Kusmayanti, A. (2020). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Collase, 03(02), 1.
Mulyasa, E. (2017). Menjadi Guru Profesional (Mukhlis (ed.)). PT Remaja Rosdakarya.
Nurchasanah, F. (2010). Peningkatan Kemampuan Menghitung Perkalian Pembagian Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Gendingan 5 Widodaren Ngawi Tahun pelajaran 2009/2010. In Universitas sebelas Maret (Vol. 31, Issue 12). https://doi.org/10.13347/j.cnki.mkaq.2010.09.001
Purbaningsih, W. (2016). Peningkatan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran CTL pada Siswa Kelas X BB2 SMKN 6 Purworejo.
Rosfita, D. (2018). Penerapan Contextual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Eprint. http://eprints.umsida.ac.id/2985/
Sipayung, A. (2018). Meningkatkan Pemahaman KOnsep Matematika Tentang Sifat-Sifat Bangun Ruang Sederhana Melalui Contextual Teaching and Learning. Moshafara Jurnal Pendidikan Matematika, 7(September), 401–412.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (1st ed.). Pranamedia Group
Wahyuningtyas, D. T., & Shinta, R. N. (2017). Penggunaan Modul Pembelajaran Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 12. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p12-20