PROSES INTERNALISASI STANDAR PROBLEM SOLVING GURU SD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KOTA MATARAM

Umar Umar, Mohammad Archi Maulyda, Awal Nur Kholifatur Rosyidah, Vivi Rachmatul Hidayati, Iva Nurmawanti

Abstract


Salah satu standar penting dalam NCTM adalah kemampuan problem solving. Standar ini dapat diimplementasikan ke dalam pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses internalisasi standar problem solving ke dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru sekolah dasar melalui model PBL. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu 24 guru sekolah dasar kelas tinggi di Gugus IV Kota Mataram. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket survey secara online melalui platform google form dan wawancara melalui media whatsapp. Hasil penelitian menunjukan bahwa 23 subjek (95,8%) sudah mendengar istilah problem solving. sedangkan 1 subjek (4,2%) belum mendengar istilah problem solving. Pendalaman hasil penelitian menemukan bahwa proses internalisasi standar problem solving dalam pembelajaran matematika yang dilakukan oleh guru sekolah dasar di Kota Mataram sudah baik.


Keywords


Guru SD, NCTM, Problem Solving.

Full Text:

PDF

References


Cresweel, J. W. (2012). Research Design: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Dowker, A., Sarkar, A., & Looi, C. Y. (2016). Mathematics anxiety: What have we learned in 60 years? Frontiers in Psychology, 7(APR). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.00508

Fauzi, A., Widjajanti, D. B., Widodo, A., & Umar, U. (2020). Developing the Set of Mathematics Learning Materials Based on NHT Model With Peer Assessment. Atlantis Press, 465(Access 2019), 90–93. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.024

Hafid, H. A. (2011). Sumber dan Media Pembelajaran. Jurnal Sulesana, 6(2), 69–78. journal.uin-alauddin.ac.id

Hastuti, I. D. (2018). Pendidikan Matematika Sekolah Dasar. Arga Puji Mataram Lombok.

Kaharuddin, A. (2019). Effect of Problem Based Learning Model on Mathematical Learning Outcomes of 6th Grade Students of Elementary School Accredited B in Kendari City. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(2), 43–46. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v1i2.14

Keller, B. A., Hart, E. W., & Martin, W. G. (2015). Illuminating NCTM’s Principles and Standards for School Mathematics. School Science and Mathematics, 101(6), 292–304. https://doi.org/10.1111/j.1949-8594.2001.tb17960.x

Kurino, Y. D. (2018). Problem Solving Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v4i1.706

Maulyda, M. A. (2020). Paradigma pembelajaran matematika berbasis NCTM (1st ed.). CV IRDH.

Maulyda, M. A., Umar, Erfan, M., Hidayati, V. R., & Haryati, L. F. (2020). IMPLEMENTATION OF STAD TYPE COOPERATIVE LEARNING TO IMPROVE MATHEMATICAL LEARNING OUTCOMES CLASS VIII STUDENTS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 1–12.

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: The National Council of Teachers Mathematics, Inc.

Pramestika, R. A., Suwignyo, H., & Utaya, S. (2020). Model Pembelajaran Creative Problem Solving pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 361–366.

Safrida, L. N., As’ari, A. R., & Sisworo, S. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Solving Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Materi Peluang Kelas Xi Sma. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(4), 583–591.

Simon, M. A. (2020). Reconstructing Mathematics Pedagogy from a Constructivist Perspective. Journal for Research in Mathematics Education, 26(2), 114–145. https://doi.org/10.5951/jresematheduc.26.2.0114

Suryadi, D. (2001). Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Depdikbud.

Sutisna, D., Widodo, A., Nursaptini, N., Umar, U., Sobri, M., & Indraswati, D. (2020). An Analysis of the Use of Smartphone in Students’ Interaction at Senior High School. Atlantis Press, 465(Access 2019), 221–224. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.055

Tulak, T., & Mangalik, A. (2019). Penggunaan Alat Peraga Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Elementary Journal, 2(2), 24–36.

Umar. (2018). The effectiveness of cooperative learning model of stad thype based on gagne learning theory in mathematics learning class vii at MTs with b accreditation in Makassar city. DAYA MATEMATIS : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 7(2), 219–227.

Umar, U., Kaharuddin, A., Fauzi, A., Widodo, A., Radiusman, R., & Erfan, M. (2020). A Comparative Study on Critical Thinking of Mathematical Problem Solving Using Problem Based Learning and Direct Intruction. 465(Access 2019), 314–316. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.079

Uyani, S. (2016). PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HOT ( HIGHER ORDER THINKING ) SISWA SDN BANYU LANDAS. Jurnal Vidya Karya, 31(1), 91–104.

Widodo, A., Indraswati, D., Radiusman, R., Umar, U., & Nursaptini, N. (2019). Analisis Konten HOTS dalam Buku Siswa Kelas V Tema 6 “ Panas dan Perpindahannya ” Kurikulum 2013. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 12(1), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18860/mad.v12i1.7744

Widodo, A., Maulyda, M. A., Fauzi, A., Sutisna, D., Nursaptini, N., & Umar, U. (2020). Tolerance Education Among Religious Community Based on the Local Wisdom Values in Primary Schools. Atlantis Press, 465(Access 2019), 327–330. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.082


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats