Pembelajaran Mengenal Pecahan Nilai Uang Pada Siswa SD Kelas II Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Type Teams Game Tournament

Heni Widiyanti(1*), Hana Sakura Putuarga(2)

(1) PGSD IKIP SILIWANGI
(2) PGSD IKIP SILIWANGI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian dilakukan yaitu untuk menelaah skenario dan implementasi pembelajaran mengenal pecahan nilai uang. Respon guru dan siswa mengenai pembelajaran mengenal pecahan nilai uang. Kesulitan – kesulitan yang dialami siswa SD kelas II dalam menyelesaikan tugas – tugas soal cerita. Yang melibatkan model cooperative learning type teams game tournament pada siswa SD kelas rendah khususnya kelas II. . Penelitian ini dilandaskan dengan permasalahan tentang rendahnya kemampuan siswa dalam pembelajaran mengenal pecahan nilai uang. Tujuan penelitian dapat dicapai dengan metode penelitian kuantitatif menggunakan data dan penjelasan oleh teori-teori yang dianggap relevan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar pengenalan pecahan nilai uang sangat menunjang aktivitas belajar matematika siswa di sekolah dasar.


Keywords


Kata Kunci : Pecahan nilai uang, Teams Game Tournament, Sekolah Dasar

References


Trys. 2014. Pengertian Pembelajaran di https://trys99.wordpress.com (diakses pada 19 November 2019)

Agus Krisno Budiyanto, H. Moch. 2016. Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning. Malang: Universitas Muhammadiyah

Ahman, Eeng. 2017. Membina Kompetensi. Bandung: PT. Grafindo Media Pratama

Arikunto, S. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara

Hasan, Ahmad. 2010. Mata Uang Islami. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Oesman, Soeharto. 2017. Kesetaraan Nilai uang di www.wikipedia.com (diakses pada 19 November 2019)

Kasiram. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Sardjonopermono , Iswardono. 2016. Uang Dan Bank. Yogyakarta :Universitas Gadjah Mada

Sugiyono 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Kwalitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta

Suherman dan Sukjaya. (1990). Petunjuk Praktis untuk Melaks

anakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijaya Kusumah.

Suherman, E. (2001). Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i5.6282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats