PEMBELAJARAN PEMAHAMAN MATEMATIKA PENGUKURAN BERAT PADA SISWA SD KELAS II DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Authors

  • Intan Rahma Dinar Ikip Siliwangi
  • Sylvia Rabbani Ikip Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i2.6306

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu,(1). Menelaah Skenario dan implementasi pembelajaran pemahaman matematika pengukuran berat siswa SD kelas 2 dengan menggunakan Model Contextual Teaching and Learning, (2). Respon guru dan siswa SD kelas 2 terhadap pembelajaran pemahaman matematika pengukuran berat siswa SD kelas 2 dengan menggunakan Model Contextual Teaching and Learning, (3).Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa SD kelas 2 dalam menyelsaikan tugas-tugas pemahaman matematika pengukuran berat.Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan upaya yang dilakukan oleh guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran pengukuran berat dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning  (CTL). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan), angket, interview (wawancara), dokumentasi.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MI kelas II-A di salah satu sekolah swasta di Bandung yang berjumlah 17 orang siswa laki-laki 8 orang siswa perempuan.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini siswa mengalami peningkatan dalam pembelajaran pemahaman matematika pengukuran berat menggunakan model contextual teaching and learning .

References

Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3890.67-78

Darmayanti, N. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) TERHADAP KEMAMPUAN PENGUKURAN ANAK TAMAN KANAK-KANAK. 6(3), 251–260.

Elisa, E. (2019). Pengembangan Modul Pengukuran Berbasis Contextual Teaching And Learning ( CTL ) Untuk Kelas IV Sekolah Dasar Erin Riatama Elisa , Dyah Tri Wahyuningtyas , Nyamik Rahayu Sesanti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Universitas Kanjuruhan Malang ,. 3(November), 79–86.

Hadijah, S. (2018). ANALISIS RESPON SISWA DAN GURU TERHADAP PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Journal of Materials Processing Technology, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.1109/robot.1994.350900

Hendriana, H., Sumarmo, U., & Rohaeti, E. E. (2013). Kemampuan komunikasi matematik serta kemampuan dan disposisi berpikir kritis matematis. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 35–45.

Kusmayanti, A. (2016). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning. 03(02), 1.

Latief, H. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Geografi Gea, 14(1), 11–27. https://doi.org/10.17509/gea.v14i1.3358

Nufus, H. (2019). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SMP/MTs (Vol. 4).

Pratama, D. F., Altaftazani, D. H., & Firdaus, A. R. (2019). Implementation of Regulations Bring Foods To School To Consumptive Behavior of Elementary School Students in Purwakarta. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 3(2), 76. https://doi.org/10.22460/pej.v3i2.1383

Rismawati, M. (2019). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SD KELAS III MEGGUNAKAN PEMBELAJARAN CTL Melinda. 1(1), 1–10.

Sariningsih, R. (2014). Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp. Infinity Journal, 3(2), 150. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i2.60

Suryahadi, B. W., Marsela, G., Aprianingsih, N., Novitasari, & Aulia, R. 2018. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MENGGUNAKAN TEKS EKSPLANASI DAN PEMANFAATNYA SEBAGAI MATERI AJAR TINGKAT SMK. 73–264.

Zulaikha, S., Ganing, N. N., Pendidikan, J., Sekolah, G., & Ganesha, U. P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Circ Bermedia Powerpoint Terhadap Keterampilan Membaca Pada Bahasa Indonesia Kelas Iv Sd Gugus I Kuta Badung. (6).

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles