MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG HUKUM BACAAN ALIF LAM QOMARIYAH DAN ALIF LAM SYAMSIAH MELALUI METODE BELAJAR BACA QURAN 99 HARI (BBQ 99)

Apip Apip

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan siswa dalam menguasai kompetensi baca tulis Quran terutama pada materi bacaan hukum alim lam komariah dan alim lam syamsiah, untuk itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan agama islam di kelas V MIN (Madriasah Ibtidaiyah Negeri) melalui penerapan Model Pembelajaran BBQ 99 (Baca 99 Hari ) pada materi Hukum Bacaan Alim lam Komariah dan Alim Lam syamsiah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan Subjek penelitian adalah siswa kelas V MIN (Madriasah Ibtidaiyah Negeri) yang berjumlah 26 siswa. penelitian terdiri dari dua siklus masing-masing siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan bersama dengan pelaksanaan penelitian pada saat proses pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti dan teman sejawat yang bertugas sebagai observer. Adapun hasil penelitian menunjukan data sebagai berikut. rata-rata nilai siswa pada pra-siklus menunjukan nilai sebesar 57,11 dan pada siklus I sedikit meningkat menjadi 70,76. Rata-rata nilai siswa kembali menunjukan peningkatan menjadi 78,46 pada siklus II. Selain itu berdasarkan nilai tertinggi yang diperoleh siswa juga menunjukan peningkatan, pada pra-siklus sebesar 80, kemudian meningkat menjadi 90 pada siklus I dan 100 pada siklus II, Selanjutnya pada aspek ketuntasan siswa menunjukan bahwa pada pra-siklus terdapat 6 orang siswa yang masuk kriteria tuntas dan 20 orang tidak tuntas. Siklus I terdapat 21 orang siswa tuntas dan 5 orang siswa tidak tuntas. Sedangkan pada siklus 2 Semua siswa dikatakan tuntas karena telah memenuhi KKM, Target ketuntasan belajar dalam penelitian ini adalah mencapai 80% dari jumlah siswa. Adapun presentase  ketuntasan belajar pada pra-siklus hanya mencapai 23,07%, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 80,06 %. Angka tersebut kembali meningkat pada siklus II menjadi 100% melebihi target yang telah ditetapkan, yakni 80%, maka berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran tipe BBQ 99 Hari pada materi Hukum Bacaan Alim lam Komariah dan Alim Lam syamsiah. dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN (Madriasah Ibtidaiyah Negeri).


Keywords


Pendidikan agama islam, Model Pembelajaran BBQ 99, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Arifianti, Hilda. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Quantum Teaching di Kelas V SD Negeri Bhakti Karya Depok. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Baharudin dan Esa Nur. Wahyuni. 2007 Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Rusman. (2013). Model – Model Pembelajaran . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Susilo. 2010. Hakikat Belajar, Prestasi Belajar, dan Aktivitas Belajar.Wordpres.Com/2010/09/28/hakikat-prestasi belajaraktivitas -belajar. (Diakses 12 September 2016)

Shoimin Aris . 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media

Sofie, Madjid, Abdul, (2007). Belajar Mudah Membaca Al-Qur’an,(Bimbingan Belajar dari “Nol” Sampai Tamat Al-Qur’an, Metode BBQ-99. Bandung : Elfath.

Trianto.(2013). Model Pembelajaran Terpadu: konsep, Strategi,dan implementasi dalam

kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Gramedia:

Surabaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats