KAJIAN LITERATUR TENTANG HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Riska Andini PGSD IKIP SILIWANGI
  • Siti Ruqoyyah PGSD IKIP SILIWANGI
  • Sylvia Rabbani PGSD IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i5.6682

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Model project based learning.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika di Sekolah Dasar melalui penerapan model pembelajaran project based learning. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kajian literatur. Sampel dalam penelitian ini adalah lima artikel yang publish pada jurnal nasional. Hasil dari kajian penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model project based learning mampu memberikan peningkatan terhadap hasil belajar matematika pada siswa Sekolah Dasar.

 

References

Apriyani, L. W., & Setorini, I. L. (2015). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN POKOK BAHASAN KESEBANGUNAN DAN SIMETRI BANGUN DATAR MELALUI METODE PROJECT BASED LEARNING DI KELAS V SDN 4 WRINGIN ANOM. Jurnal IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS, 3(1), 12–19.

Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3(3), 285–291. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19451

Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning (PJBL). Mimbar Ilmu, 25(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24468

Nurul ’azizah, A., & Wardani, N. S. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Project Based Learning Siswa Kelas V SD. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 194–204.

Rahayu, G. D. S., & Samsudin, A. (2019). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MAHASISWA PGSD IKIP SILIWANGI. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 6(2).

Rahmawati, H., Noviana, E., Training, T., & Faculty, E. (2016). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 018 SUNGAI KERANJI. 1–10.

Sediyati, S., Ismanto, B., & Kristin, F. (2018). PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING. HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD, 2(2), 114–121.

Setyowati, N., & Mawardi, M. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 253–263. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263

Silalahi, W., & Harahap, F. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA BANGUN DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ELEKTRONIK DI KELAS V SEMESTER II SD NEGERI 101801 DELI TUA KAB. DELI SERDANG T.A 2016/2017. ESJ (Elementary School Journal), 9(2), 110–117.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KREATIFITAS SISWA KELAS III SD NEGERI SIDOREJO LOR 01 SALATIGA. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703

Utami, T., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1), 541–552.

Yulianto Aris, Fatchan A, K. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 2(3), 448–453.

Zahidah, W., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning (PJBL)Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SD. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 703–717.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles