PENERAPAN METODE DIRECT INSTRUCTION BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA

Isna Amanaturrakhmah

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan efektifitas belajar mahasiswa PGSD STKIP Pangeran Dharma Kusuma Indramayu selama masa pandemic COVID-19. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah penelitian kualitatif dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling, yakni mahasiswa semester VII yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan efektifitas yang signifikan pada setiap siklus pembelajaran. Pada siklus I efektifitas belajar mahasiswa tercapai dengan kategori baik. 20 mahasiswa dinilai aktif dalam kegiatan pembelajaran, 19 mahasiswa mencapai tujuan pembelajaran. Pada siklus 2, efektifitas belajar mahasiswa mencapai kategori baik, dengan perkembangan 24 mahasiswa aktif dalam kegiatan pembelajaran, 24 mahasiswa dinilai mencapai tujuan pembelajaran. Siklus 3 menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran mahasiswa berada pada kategori sangat baik. Pada siklus ini 32 mahasiswa aktif dalam kegiatan pembelajaran dan 29 mahasiswa telah mencapai tujuan pembelajaran. Begitu juga dengan siklus 4 yang menunjukkan perkembangan efektivitas belajar pada kategori sangat baik. Pada siklus ini 32 mahasiswa aktif dalam kegiatan pembelajaran dan 30 mahasiswa mencapai tujuan pembelajaran. oleh karena itu metode Direct Instruction yang didukung dengan media audio visual disimpulkan dapat meningkatkan efektivitas belajar mahasiswa.


Keywords


Metode Direct Instruction, Media Audio Visual, Efektivitas Belajar Mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Andiarna, Funsu & Estri Kusumawati., (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16 (02): 139-147.

Barseli, dkk. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5 (03): 143-148.

Dewi, A. A. I. K., (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio visual. Jurnal Mimbar Ilmu, 25 (03): 449-459.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Pendidikan Tinggi No. 1 Tahun 2020 Tentang Kebijakan Merdeka Belajar dalam Penentuan Kelulusan Peserta Didik dan Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2020/2021. Diakses pada 04 Januari 2020 dari http://dikdasmen.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/02/SE-Mendikbud-Nomor-1-Tahun-2020.pdf

Handarini, Oktafia Ika & Siti Sri Wulandari., (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503

Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Harahap, S. R., (2020). Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 10-14..

Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi.

Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelaran. Aswaja Pressindo. Yogyakarta.

Ph, L., Mubin, M. F., & Basthomi, Y. (2020). “Learning Task” Attributable to Students’ Stress During the Pandemic Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203–208. https://doi.org/10.32584/jikj.v3i2.590

Saadi, Fransiska., Halidjah, S., & Kartono., (2013). Peningkatan Efektivitas Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Media Tepat Guna di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Toho. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK). 02 (07) : 228-246

Sari, Elvita. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Langsung (DI) Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa VII A SMPN 17 Bengkulu pada Pokok Bahasan Perpindahan Kalor. Skripsi tidak dipublikasikan. Program Studi Pendidikan Fisika. Universitas Bengkulu.

Soesatyo, Yoyok., Subroto, W. T., Sakti, N. C., Edwar, M., & Trisnawati, N., (2017). Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Ekonomi Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), Vol.1 No. 2: 162-178.

Suprijono, (2013). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Watnaya, A. kusnayat, Muiz, M. hifzul, Nani Sumarni, Mansyur, A. salim, & Zaqiah, Q. yulianti. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online di Era Covid-19 dan Dampak terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153–165. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1987


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats