MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI MADRASAH BERBASIS SISTEM PESANTREN STUDENT MANAGEMENT IN MADRASAH BASED ON PESANTREN SYSTEM

Authors

  • Dewi Fitriani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Makky UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mohamad Erihadiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i2.7012

Keywords:

Manajemen Peserta Didik di Madrasah Berbasis Sistem Pesantren.

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan manajemen peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Al Musri 1 Cianjur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini adalah : kepala madrasah, wakil kepala bidang kesiswaan, staf tata usaha, dan guru. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, (1) pelaksanaan penerimaan peserta didik baru meliputi: pembentukan panitia, dan pelaksanaan promosi. (2) Kegiatan orientasi dilakukan agar peserta didik baru mengetahui lingkungan sekolah, keadaan madrasah, program yang dilakukan madrasah, guru-guru, organisasi dan ekstrakurikuler yang ada di madrasah, dan juga mengetahui tata tertib yang ada di MTs Al Musri 1. (3) Pembinaan dilakukan melalui kegiatan kurikuler, ko-kurikuler, dan ekstra kurikuler. Kegiatan kurikuler di MTs Al Musri 1 dikembangakan sesuai dengan kurikulum yang telah dirancang dan dikembangkan oleh pihak madrasah sesuai dengan peraturan yang berlaku secara nasional untuk Madrasah Tsanawiyah. (4) Pencatatan dan Pelaporan. Data perkembangan peserta didik di MTs Al Musri 1 berupa buku raport, daftar nilai peserta didik, daftar hadir, daftar mutasi, dan buku induk peserta didik. Untuk buku induk peserta didik, daftar mutasi dan drop out dipegang oleh waka kesiswaan. Sedangkan untuk buku raport, daftar nilai, dan daftar presensi dipegang oleh guru.

References

Ardhi, M. I. (2015). Evaluasi Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Real Time Online Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Jurnal penelitian Ilmu Pendidikan, 8 (1).

Asiah, Nur, dan Ahmad Isnaeni, “Inklinasi Masyarakat Muslim Kelas Menengah terhadap Sekolah Dasar Islam Terpadu di Bandar lampungâ€, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 2 (2018).

Badrudin. 2014. Manajemen Peserta Didik,. (Jakarta: PT INDEKS).

Bafadal, Ibrahim. 2006. Dasar-dasar Manajemen dan Supervisi Taman Kanak-kanak, (Jakarta: Bumi Aksara).

Effendi. EK. Mochtar.1996. Manajemen Pendidikan Isam, (Jakarta: Bintara), cet. II.

Hadi, Sutrisno. 2004. Metode Reseach, (Yogyakarta: Andi), jilid 2.

Imron, Ali. 2011. Manajemen Peserta didik Berbasis Madrasah, (Jakarta: Bumi Aksara) cet. I.

Lampiran Undang-undang RI No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Minarti, Sri .2009. Manajemen Madrasah, (Jakarta : Ar-Ruzz Media).

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. (Bandung: Remaja Rosdakarya).

Mulyasa. E. 2007. Manajemen Berbasis Madrasah, (Bandung:Remajarosdakarya), cet. XII.

Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media).

Pramudia, J. R. (2006). Orientasi baru pendidikan: Perlunya reorientasi posisi pendidik dan peserta didik. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3 (1), 29-28.

Prastowo, Andi. 2001.Memahami Metode-Metode Penelitian, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011), cet. 2.

Rusdiana, H. A. 2013. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Suharno. 2008. Manajemen Pendidikan, (Surakarta: Sebelas Maret University Press).

Sumardi, K. (2012). Potret Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Salafiah. Jurnal Pendidikan Karakter, (3).

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. 2011. Manajemen Pendidikan, (Bandung : ALFABETA).

Downloads

Published

2021-03-31

Issue

Section

Articles