ANALISIS SITUASI PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SDN SENURUS: KEMUNGKINAN TERJADINYA LEARNING LOSS

Authors

  • Mohammad Archi Maulyda Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram http://orcid.org/0000-0003-3199-1380
  • Muhammad Erfan Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram
  • Vivi Rachmatul Hidayati Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i3.7140

Keywords:

learning loss, SDN Senurus, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan situasi pembelajaran dan kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru SDN Senurus selama masa pandemi yang memungkinkan terjadinya learning loss. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Kajian penelitian difokuskan pada proses pembelajaran selama pandemi dan tantangan belajar siswa berkesulitan belajar. Data diperoleh melalui wawancara mendalam kepada kepala sekolah dan guru-guru di SDN Senurus. Dari Aspek proses pembelajaran diperoleh kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan Belajar Dari Rumah (BDR), selama pandemi guru tidak melakukan adaptasi rencana proses pembelajaran (RPP), kegiatan pembelajaran hanya berlangsung selama 30 menit efektif saat BDR dari 120 menit jam pelajaran, dan setiap kelas dijadwalkan datang ke sekolah untuk belajar tatap muka kecuali kelas 6 yang datang setiap hari, hasil belajar siswa selama pandemi mengalami penurunan, dan telah terjadi learning loss yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari berbagai pihak mulai dari kepala sekolah, guru, orang tua, serta dinas pendidikan setempat.

Author Biographies

Mohammad Archi Maulyda, Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram

Dosen

Muhammad Erfan, Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram

Dosen

Vivi Rachmatul Hidayati, Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram

Dosen

References

Apsari, R. A., Sripatmi, Sariyasa, Maulyda, M. A., & Salsabila, N. H. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Media Obrolan Kelompok Multi-Arah sebagai Alternatif Kelas Jarak Jauh. Jurnal Elemen, 6(2), 318–332. https://doi.org/10.29408/jel.v6i2.2179

Ariesca, Y., Dewi, N. K., & Setiawan, H. (2021). ANALISIS KESULITAN GURU PADA PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN MALUK KABUPATEN SUMBAWA BARAT. PROGRES PENDIDIKAN, 2(1), 20–25. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.86

Chang, K., Memorial, G., Chang, K., & Memorial, G. (2019). Role of dermatologists in the uprising of the novel corona virus ( COVID-19 ): Perspectives and opportunities. Dermatologi Sinica, 3(12), 23–35. https://doi.org/10.4103/ds.ds

Cook-wallace, M. K. (2018). Who Is Running Online Education Programs ? International Journal of Management, Knowledge and Learning, 1(1), 55–69.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE.

Edwards, S., Nolan, A., Henderson, M., Mantilla, A., Plowman, L., &

Skouteris, H. (2018). Young children’s everyday concepts of the internet: A platform for cyber-safety education in the early years. British Journal of Educational Technology, 49(1), 45–55. https://doi.org/10.1111/bjet.12529

Fauzi, A., Anar, A. P., Rahmatih, A. N., Wardani, K. S. K., Warthini, & Sri, N. L. P. N. (2020). PERSEPSI GURU TERHADAP SISWA BERKESULITAN FUNGSIONAL DI SD NEGERI GUNUNG GATEP KABUPATEN LOMBOK TENGAH. PROGRES PENDIDIKAN, 1(2), 72–79.

Gerakan Masyarakat Sehat NTB. (2020). Pemerintah Serius, Siap dan Mampu Menangani COVID-19 Masyarakat Tetap Tenang & Waspada. Website.

Hadi, S. (2020). Pengurangan Risiko Pandemi Covid-19 Secara Partisipatif: Suatu Tinjauan Ketahanan Nasional terhadap Bencana. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 177–190. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.109

Hotimah, H., Ermiana, I., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Progres Pendidikan, 2(1), 7–12. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.57

Huang, Y., Wang, Y., Tai, Y., Liu, X., Shen, P., Li, S., Li, J., & Huang, F. (2020). Curricularface: Adaptive curriculum learning loss for deep face recognition. Proceedings of the IEEE Computer Society Conference on Computer Vision and Pattern Recognition. https://doi.org/10.1109/CVPR42600.2020.00594

Kovach, M., & Montgomery, H. (2010). What kind of learning ? For what purpose ? Reflections on a critical adult education approach to online Social Work and Education courses serving Indigenous distance learners. Critical Social Work, 11(May), 27–61.

Liu, Y. (2019). Using reflections and questioning to engage and challenge online graduate learners in education. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 14(3), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.1186/s41039-019-0098-z

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar†Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1 SE-Articles), 141–147. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248

Pei, L., & Wu, H. (2019). Does online learning work better than offline learning in undergraduate medical education ? A systematic review and meta-analysis. Medical Education Online, 24(1), 1–14. https://doi.org/10.1080/10872981.2019.1666538

Ramdhan Witarsa, Hadi, R. S. M., Nurhananik, & Neneng Rini Haerani. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR. PEDAGOGIK, 6(1), 9–20.

Shoenfeld, Y. (2020). Corona (COVID-19) time musings: Our involvement in COVID-19 pathogenesis, diagnosis, treatment and vaccine planning. Autoimmunity Reviews, 19(6), 102538. https://doi.org/10.1016/j.autrev.2020.102538

Sutisna, D., Indraswati, D., Nursaptini, Novitasari, S., & Sobri, M. (2020). PENERAPAN PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSI DI SDN 1 SANGKAWANA LOMBOK TENGAH. PROGRES PENDIDIKAN, 1(2), 115–128.

Tantri, N. R. (2018). Kehadiran Sosial Dalam Pembelajaran Daring Berdasarkan Sudut Pandang Pembelajar Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 19(1), 19–30. https://doi.org/10.33830/ptjj.v19i1.310.2018

Wardani, K. S. K., Sriwarthini, N. L. P. N., Rahmatih, A. N., Astria, F. P., &

Nurwahidah. (2020). PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDN 20 MATARAM. PROGRES PENDIDIKAN, 1(2), 99–105.

Zhao, Y. (2021). Build back better: Avoid the learning loss trap. Prospects, 13(3), 145–167. https://doi.org/10.1007/s11125-021-09544-y

Downloads

Published

2021-05-31

Issue

Section

Articles