PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR

Lina Kurnia Nawaliah(1*), Agni Muftianti(2)

(1) PGSD IKIP Siliwangi
(2) PGSD IKIP Siliwangi
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada perkembangan era teknologi yang sangat pesat ini kegiatan membaca menjadi salah satu kegiatan yang biasa dilakukan. Membaca menjadi kemampuan yang wajib dimiliki terutama oleh siswa kelas rendah sekolah dasar. Dengan kondisi saat ini banyak siswa yang enggan membaca dikarenakan lebih memilih aktifitas lain yang jauh lebih menyenangkan. Berdasarkan hasil penelitian oleh para peneliti membaca dapat meningkatkan kemampuan. Media pembelajaran dengan menggunakan media kata sangatlah membantu dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca. Penelitian yang dilakukan,  Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian tindakan kelas ini, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dari berbagai sumber, penggunaan Media kartu Kata Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Kelas Rendah Sekolah dasar mampu meningkatkan prestasi belajar para siswa. Hal ini dibuktikan melalui hasil penelitian berdasarkan observasi dan wawancara.


Keywords


Media kartu Kata, Membaca, Sekolah Dasar(SD).

References


Abidin, & Yunus. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Refika Aditama.

Arikunto dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Cece Wijaya, & Dkk. (1991). Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosda karya.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. tentang sistem pendidikan nasional.

Farida rahim. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Bumi Aksara.

Hairudin, & Dkk. (2008). Bahan Ajar Cetak Pembelajaran Bahasa Indonesia. Dirjen Pendidikan tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia (edisi 3) (Departemen Pendidikan Nasional (ed.)). Balai Pustaka.

Patty, R. (2015). Pengembangan Model Induktif Kata Bergambar pada Pembelajaran Menulis Permulaan di Kelas II SD. Jurnal Sekolah Dasar, 26(2), 34–45.

Sadiman, A. S., & Dkk. (1990). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannaya. CV. Rajawali.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i4.7167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats