PEMBELAJARAN DARING MATERI MENULIS NARASI PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS 2 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA WHATSAPP

Authors

  • Muslia Asti IKIP Siliwangi, Cimahi
  • Asep Samsudin IKIP Siliwangi, Cimahi
  • Linda Hania Fasha IKIP Siliwangi, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i6.7336

Keywords:

Karangan Narasi, Model Picture And Picture.

Abstract

Penelitian dilakukan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah. Menulis amatlah penting untuk siswa khususnya dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, supaya siswa dapat menyampaikan ide serta perasaannya dalam bentuk tulisan. Dengan model Picture And Picture terlihat siswa mampu mengurutkan suatu objek berupa hal apapun, khusunya gambar acak menarik. Metode penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Adanya penemuan saat meneliti dalam skenario dan implementasi memperlihatkan keaktifan serta siswa cenderung lebih kreatif karenanya guru memberi objek nyata kedalam proses pembelajaran. Terlebih siswa menunjukkan respon sangat baik. Hambatan siswa terlihat dalam butir indikator menulis kalimat dengan menggunakan huruf kapital yang benar. Hasil analisis data akhir menunjukkan bahwa ketuntasan belajar terhadap keterampilan menulis materi karangan narasi mengalami peningkatan. Peningkatan terlihat dari tercapainya nilai siswa di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang mendapatkan rata-rata 78.35. Hasil yang diperoleh mencapai ketuntasan dengan nilai yang sudah ditentukan yaitu 65. Maka terdapat peningkatan pada keterampilan menulis siswa materi karangan narasi kelas II Madrasah Ibtidaiyah.

References

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI, IX(1). 1–9.

Dalman, H. (2015). Keterampilan Menulis. PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Dalman, H. (2016). Keterampilan Menulis. PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Belajar.

Keraf, G. (2010). Argumentasi dan Narasi. PT Gramedia Pustaka Utama.

Kurniasih, I. (2015). Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Mahmud, H. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Dengan Teknik RCG (Reka Cerita Akbar) Pada Siswa Kelas VI SDN Rengkak Kecamatan Kopang, Kabupaten, Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP, 1(2), 1–4.

Mardiyah. (2016). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Melalui Kemampuan Mengembangkan Stuktur Paragraf. TERAMPIL, 03(02), 1–5.

Mundziroh, S. (2013). Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita dengan Menerapkan Metode Picture and Picture di Sekolah Dasar. Universitas Sebelas Maret, 02(01), 1–4.

Novalina., Karim, A, & Efendi. (2014). Peningkatan Keterampilan Siswa Berbicara Melalui Media Gambar Dikelas III SD Inpres Maranatha. Kreatif Tadulako, 4(6). 1–2.

Okke, K. S. Z., Harahap, A. B. (2015). Teori Wacana. Penaku.

Pujianti, B., & Setiyadi, R. (2020). Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Pada Siswa SD Kelas III Dengan Menerapkan Model Picture And Picture. COLLASE, 03(04), 1–4.

Saddhono, K., Slamet (2014). Pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia. Graha Ilmu.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Prenada Media Group.

Downloads

Published

2022-11-29

Issue

Section

Articles