Pembelajaran Daring pemahaman Konsep Pecahan Siswa SD Kelas III Menggunakan Pendekatan RME

Authors

  • Dayulia Dayulia PGSD IKIP Siliwangi
  • Sukma Murni PGSD IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i4.7365

Keywords:

Realistic Mathematic Education (RME), Pemahaman Konsep, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman konsep. Karena sebagai bekal prasyarat untuk mempelajari oprasi hitung pecahan pada tingkatan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati penerapan model pembelajaran RME terhadap pembelajaran daring pemahaman konsep pecahan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III di SDN 3 Cipatat yang berjumlah 8 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, lembar angket guru dan siswa, soal materi pecahan serta lembar wawancara guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran ketika diterapkannya pendekatan RME. Hal tersebut ditunjukan dengan peningkatan nilai dari lembar pretest dan posttest  yaitu 17,08 %, skor rata-rata  pada observasi guru 91, skor rata-rata pada observasi siswa sebesar 89 dan 91, persentase skor nilai angket guru sebesar 60 %, rata-rata persentase skor angket siswa sebesar 60 %. Serta hasil wawancara guru dan siswa menunjukan hasil yang disimpulkan dengan tanggapan yang baik.

References

Ananda, R. (2018). Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar . Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 125-133.

Aprianti, R. (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan Melalui Model Pembelajaran Realisticmathematics Education (Rme) Di Kelas Rendah. Universitas Muhammadiyah Sukabumi., 1-2.

Arsyad, M. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Melalui Penerapan Model Realistics Mathematic Education (Rme) Siswa Kelas Vi Sd Negeri 8 Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya. Jurnal Educasi,Sains Dan Teknologi.

Aulia, N. M., Murtono, & Wanabuliandari, S. (2018). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri Rau Kedung Jepara Pada Materi Perkalian Pecahan. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol.1 No.1.

Diana, E. P., & Aldila , E. A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Ctl Dan Rme. Jurnal Matematika.

Fahrudhin, A. G., Zuliana, E., & Suryo, H. B. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas . Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 15.

Komala, Y., Supriyat, Y., & Murtadho, F. (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan Melalui Pendekatan Realistic Mathematicseducation (Rme) Pada Pelajaran Matematika Kelas V Di Sdit Ypi “45†Bekasi. Jurnal Numeracy .

Sepriani, R. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Garis Dan Sudut. Maju, 291-298.

Taufikurrahman, & Nurhaswinda. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Papan Pecahan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling.

Wardiyyah, N. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Vii Mts Nu Banat Kudus Pada Materi Pokok Operasi Bilangan Pecahan Semester I Tahun Ajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) Thesis, Iain.

Alessandro. (2018). Digital Skills And Competence, And Digital And Online Learning. Turin: European Training Foundation.

Shandy, M. (2016). Realistic Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 47-58.

Sumiati, & Wulandari, M. A. (2021). Pembelajaran Materi Pecahan Pada Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education (Rme). Journal Of Elementary Education.

Irawati, I. S., & Rabbani, S. (2020). Pembelajaran Model Realistic Mathematics Education (Rme) Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pecahan Siswa Kelas 3 Sd . Journal Of Elementary Education .

Downloads

Published

2022-07-17

Issue

Section

Articles