PENGARUH MEDIA GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS II TEMA II MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Linda Indiyarti Putri Wahid Hasyim University
  • Ummu Jauharin Farda Wahid Hasyim University
  • Hidayatul Umah Wahid Hasyim University

DOI:

https://doi.org/10.22460/c.v4i4.7424

Keywords:

game edukasi, berbasis android, matematika

Abstract

Pemanfaatan teknologi berupa game edukasi berbasis android menjadi salah satu solusi pembelajaran bagi peserta didik dan guru. Selain bisa melatih psikomotor peserta didik juga dapat merangsang daya pikir dengan harapan mampu memecahkan masalah matematika yang dihadapi. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan media game edukasi berbasis android terhadap hasil belajar matematika tema 2 kelas II Madrasah Ibtidaiyah Futuh Suqmurgung Tuban. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif korelasi dengan menggunakan teknik analisis Product Moment. Sampel penelitian sebanyak 28 peserta didik menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data berupa angket, tes (Post Test), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan media game edukasi berbasis android terhadap hasil belajar. Hasil perhitungan didapatkan rh adalah 0,554, sedangkan pada taraf signifikansi 5% rt diperoleh nilai sebesar 0,361. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan perbandingan rt < rh yang berarti bahwa adanya korelasi yang signifikan antara media game edukasi berbasis android terhadap hasil belajar matematika dengan tingkat hubungan sedang.

Downloads

Published

2021-07-12

Issue

Section

Articles